Pages

Rabu, 24 Juni 2009

Sanitasi Ramah Lingkungan

Publish on Radio International Jerman Deutsche Welle/ Indonesian Programme

by. Noni Arni

Penyediaan fasilitas mandi, cuci, dan kakus MCK yang representatif bukanlah persoalan sederhana bagi kota besar. Dengan penduduk yang padat, lahan yang semakin sempit, persediaan air bersih juga semakin terbatas. Karenanya tak jarang warga memilih memanfaatkan sungai sebagai MCK. Aktivitas ini tentu saja membuat sungai tercemar. Meskipun selama ini banyak program sanitasi yang macet, tapi upaya perbaikan program sanitasi tetap dilaksanakan. Misalnya dengan MCK Ramah Lingkungan. Inilah tema Politik dan Masyarakat kali ini bersama Noni Arni, Koresponden DW dari Semarang

Pagi itu Muktiah dan anaknya tengah asyik mandi bersama di salah satu sungai yang bersebelahan dengan jalur utama pantura timur Jawatengah. Tak ketinggalan Munawaroh yang mencuci baju dan Rusdi yang asyik memandikan domba-domba peliharaannya. Air sungai yang dangkal karena musim kemarau tak mengurangi aktifitas keseharian mereka.

Begini lah potret warga Demak Jawatengah yang hingga kini masih mengalami kesulitan air bersih untuk memenuhi kebutuhan MCK.
Munawaroh dan Rusni mengaku Meski dianggapnya lebih praktis dan murah, memanfaatkan air sungai untuk MCK merupakan keterpaksaan karena sulitnya mendapatkan air bersih. Terlebih lagi saat memasuki musim kemarau.

“(sambil nyuci) ya memang cepet, kalau ini ada kotorannya anak-anak (bekas BAB bayi-red)dibuang disitu, langsung mengalir. Ya terpaksa, dari segi ekonomi kan lebih ngirit. Resikonya ya itu dari kotorannya sana terus kesni. Apa boleh buat . Gimana lagi, airnya adanya ini saja. adanya ini ya dipakai ini, cepet kok, enak.”

“Nyuci piring, mandi disini. Punya sumur tapi kalau musim kemarau kering dan asin airnya.ini sedikit kan seger.tidak ada airnya tapi karena adanya ini, ya dipakai ini. udah dari dulu sebelum saya lahir. Kalau yang alergi gatal tapi yang sudah biasa tidak. Adanya ini ya dipakai ini.”Rusni menambahkan.

Mereka adalah bagian dari hampir 69 juta orang di Indonesia yang hingga kini masih tidak memiliki akses terhadap fasilitasi sanitasi dasar. Lebih dari 30 ribu desa di Indonesia kondisi sanitasinya sangat memprihatinkan.

Memang, kenyataan tak banyak warga yang bisa berbuat untuk perbaikan sanitasi di lingkungannya. Selain itu mengubah perilaku hidup masyarakat bukan pekerjaan mudah. Butuh kerja keras dan berkesinambungan

Warga kampung Bustaman, kampung padat dan miskin di kota Semarang Jawa Tengah ini mampu memberikan contoh sadar lingkungan. Bahkan sanitasi yang dibangun dengan nama sanimas Pangrukti Luhur ini menjadi salah satu daerah percontohan dan pilot project di Indonesia yang berhasil mengembangkan sanitasi berbasis masyarakat.

Pengelola sanimas Pangrukti luhur, Wahyuno bercerita, sebelum berdiri sanimas, warga kampung Bustaman biasa memanfaatkan sungai Semarang untuk buang air besar, karena MCK umum yang ada tak mampu menampung kebutuhan warga.

“Perkembangan lahan penduduknya semakin padat, lahan tidak ada.larinya dulu ke MCK atau ke kali(sungai kecil) semarang samping perkampungan ada kali semarang kalau malam berjejer…hehe.kayak buang air besar gitu..hehehe.”

Namun kini tak lagi, meskipun melewati proses panjang. Sanimas yang menelan dana 235 juta rupiah. Berkat bantuan dari LSM Jerman Bremen Overseas and Development Association Borda , pemda , dan warga berhasil dibangun

“Alhamdulillah ada program sanitasi sanimas ini yang dibawa pak Ibnu BORDA . Orang Jerman kesini datang terus dilihat. Sering ditinjau karena saya sering mengajukan ke kelurahan, pemkot bantuan-bantuan untuk MCK. Tapi nyata cuman ditinjau sudah tidak ada kelanjutannya lagi, sampai warga berpikir paling-paling dibohongin lagi . BORDA datang ya dicuekin orang kampung. Saya yang menemui . Kalau memang betul kita mau kita garap bareng-bareng. Akhirnya untuk mengumpulkan wargapun sulit. Masalah MCK sudah pada pesimis lagi.percuma lah.”

Tak mudah menyulap MCK peninggalan kolonial belanda yang sebelumnya ada dan kumuh menjadi MCK plus yang nyaman. Keberhasilan ini tak lepas dari keterlibatan seluruh warga. Dari mulai pembangunan hingga menejemen pengelolaan sanimas. Disebut MCK plus karena dilengkapi dengan instalasi pengolahan air limbah

“Kita yang mengerjakan semua warga, memang betul bantuan ini tepat sasaran. Tidak ada campur tangan dengan kelurahan, pemkot tidak ada. Murni warga kita. Jadi Yang desain warga. 6 WC, 4 kamar mandi dan 1 tempat cucian. Terus ditawari untuk biogas warga bersedia. Sekarang buat masak juga sudah bisa.”

Kasubdin Praskim Dinas Kimtaru Jawatengah, Dharma Gunadi menyatakan masalah sanitasi merupakan masalah krusial yang menjadi tanggung jawab semua pihak tanpa terkecuali.Namun kenyataannya banyak yang tak menyadari hal itu.

“ Kesulitannya sanitasi itu tidak dianggap penting oleh penentu kebijakan termasuk politisi. Itu intinya, menurut saya. Sanitasi itu ga keliahatan tapi tahu-tahu meninggal.Menggalakkan terus meners dengan melakukan sosialisasi. Setiap Dana sekecil apapun kita upayakan masyarakat terlibat. Tahun 2006 orang kena diare itu hampir 500 ribu jiwa belum yang penyakit kulit lainnya . Orang tidak pernah menyadari itu.”

Peran masyarakat sebagai subyek pun dilalaikan pemeritah. Ini salah satu kegagalan.
“Dulunya salah. Pemerintah dulu kurang percaya dengan warga. Dikit-dikit kelurahan ada bantuan 10 juta terus dibangunkan saja. Keinginan warga apa tidak di kasih. Umpama bangun MCK dah dibangunkan, dipakai suka atau tidak.kalau sekarang tidak. Ini betul-betul warga yang nyeleksi. Warga suruh memilih. Bangun Menghadap kemana, cat warna apa jadi antusias.betul-betul transparan baru kali ini ga ada campur tangan pemerintah. Pak lurah saja tidak tahu.”ungkap Wahyuno.

Pengguna MCK plus Pangrukti luhur memang dikenakan biaya. Uang tersebut dikelola dan dimanfaatkan untuk peningkatan sarana. Sanimas Pangrukti luhur dimanfaatkan sekitar 200 orang, dengan Pemasukan perbulan mencapai 2,5 juta rupiah. Ini Angka tinggi untuk sebuah sanimas di Indonesia.

Ainun dan Amri mengaku tak keberatan jika harus membayar. Yang terpenting menurutnya MCK tersebut nyaman digunakan.
“Memang dari dulu tidak punya MCk karena rumah kecil.Dulu ada tapi kumuh kalau buang air besar kalau tidak dibesihin kan kotorannya banyak. Mau tidak mau jongkoknya disini. Sekarang lebih enak lebih bersih.Cuman 600 rupiah satu paket. Mandi dan buang air besar.”


“Tiap hari kalau bayar 500 sudah bersih. mencari kemudahan saja. Air sudah disiapkan.tidak sulit. Dulu lain dengan sekarang. Dulu tidak ada air.air ledeng”tambah Amri.

Koordinator sanimas regional jateng DIY dan Kalimantan Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan yang menjadi perwakilan Borda di Indonesia, Ibnu Singgih pranoto mengungkapkan, sanimas Pangrukti luhur ini merupakan satu dari 200 lokasi di 118 kabupaten di Indonesia yang berhasil menerapkan program perbaikan sanitasi

“Jawatengah kebetulan sebagi projek desingasi sanimas pertama di Jawa dan Denpasar. Program ini dinilai PU pusat itu pas karena dulu banyak proyek sanitasi dan gagal banyak yang gagal, dulu sekitar ribuan yang harganya tahun 1990 sekitar 15 juta. Malah punya sebutan MCK sebagai monumen cipta karya. Meski agak mahal karena kita ingin mengembalikan bawa MCK itu atau sanitasi itu tidak bau, tidak becek dan itu menjadi tempat yang bisa dikatakan sebagai open space.”

Namun Ibnu menambahkan, menejemen pengelolaan sanimas hingga kini masih menjadi kendala. Sehingga meski banyak proyek sanitasi di gelontorkan. Hanya sedikit yang berhasil.

2008

Senin, 15 Juni 2009

TKI.. oh..TKI..

Publish on Radio International Jerman Deutsche Welle / Indonesian Programme

by. Noni Arni / 2008

Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang mengadu nasib di luar negeri berharap pulang dengan membawa segepok uang. Mereka memiliki cita-cita tinggi untuk memperbaiki tingkat ekonominya.Bahkan mereka di klaim sebagai penghasil devisa negara, meski hingga kini keberadaan mereka di negeri orang kerap kali mendapat perlakuan tak manusiawi, seperti, gaji tak layak, penganiayaan dan kekerasan.

Tapi ini adalah cerita sukses di salah satu kantong TKI di Jawatengah yang berhasil merantau di negeri orang. Tepatnya di Kampung Pegandon Kendal Jawa Tengah. Para TKI di wilayah ini mampu menghasilkan devisa hingga 250 miliar rupiah pertahunnya.

Saya akan berbagi cerita kepada anda...

Tidak begitu ramai, hanya sesekali lalu lalang kendaraan bermotor melintas diruas jalan ber aspal. Diantara areal persawahan, disela-selanya nampak deretan bangunan rumah yang cukup besar, mewah dengan lantai keramik. Salah satunya milik Suyatmi.

Inilah wujud hasil jerih payah Suyatmi di negeri orang selama 11 tahun.
Tekatnya untuk merubah ekonomi keluarga membuahkan hasil cukup menggiurkan. Rumah, kendaran dan warung telekomunikasi sebagai tempat usahanya. Tapi kini Ia memilih menjadi trainer di PJTKI di Kampungnya.

“Untung-untungan ya kebetulan pas saya dapat agen yang lumayan. Alhamdulilah saya bisa sukses. Jaman sekarang kan PJTKI sangat banyak jadi harus hati-hati memilih, kadang-kadang ada yang illegal. Jadi Pastikan dulu PT nya resmi bonfit disana agennya juga baik nah baru kita masuk. jangan salah memilih” demikian ungkap Suyatmi.

Demikian juga dengan Umi Hanik yang sudah 4 tahun merasakan hidup dinegeri orang, ketagihan ingin mengulang suksesnya. Meski banyak cerita pahit , tekat telah mengalahkan ketakutan.

“nggak semua orang kan gitu, saya mantep saja. Niat baik insyaallah berhasil lah. ya memang banyak tetangga bilang. tetapi kalau saya niatnya baik ya mungkin Allah melindungi lah saya kan pasrah saja. Pasti takutlah Kalau denger sana sini sana sini pasti ragu”, cerita Umi Hanik.

Nuryahmat, staf PT. Ficotama Bina Trampil Pengusaha Jasa Penempatan TKI di Kendal memastikan,selama TKI berada dalam prosedur yang benar, mereka tidak akan bermasalah. Karena selama kontrak ,PJTKI akan menjamin mereka.

“Ada masalah apapun nanti agency atau PT yang memberangkatkan dari Indonesia. Gampang sekali nanti kalau sudah sampai disana anak-anak yang sudah kerja disuruh telepon keluarganya masing-masing. Keadaannya bagaimana.. kondisinya gimana jadi tahu keluarganya yang ada di Indonesia. Jadi, Disamping itu PJTKI juga selalu memantau anak ini sampai mendapat perlakuan yang tidak bagus, nanti kita urus sampai masalah gaji sampai tidak di bayar itu sudah ada yang mengurus semua dari PJTKI yang memberangkatkan”

Pengawasan terhadap penempatan TKI yang dilakukan PJTKI, kata dia, juga mudah. Menurutnya, setiap PJTKI tersebut mengurusi paspor calon TKI, maka selanjutnya mereka harus dituntut menunjukkan daftar TKI yang telah dikirim ke negara yang disebutkan dalam setiap paspor yang diajukan.

Kepala Badan Penempatan Pengawasan dan Perlidungan TKI Jateng, AB rahman mengungkapkan, Sebenarnya kesulitan memonitor para TKI ini karena kebijakan pemerintah yang tidak merata. TKI ke Timur Tengah kepegurusan dilakukan di Jakarta, berbeda dengan penempatan lain yang bisa dilakukan didaerah masing-masing.

“Tentunya persoalan-persoalan itu kan bisa di indoor.pengurusan administrasi untuk ke arab Saudi sampai KPKLN bisa diurus di daerah masing-masing. pembuatan paspor bisa di daerah masing-masing. Kemudian sampai kompetensi di daerah masing-masing, kemudian dia dikasih kartu kemudian dikasih bebas fiscal untuk daerah dan berangkat lewat Jakarta. tapi kepengurusan administrasinya tetap di sini mungkin itu bisa dimonitor dari awal .Tapi kita tidak tahu TKI diberangkatkan ke jakarta oleh perusahaan mana. Ini tidak hanya dialami jawatengah tapi hampir semua. Ga tahu kok dibikin begini memang kebijakannya dari dulu”

Padahal menurutnya, tiap tahun Jawatengah memberangkatkan TKI hingga 30 ribu lebih. bahkan mentargetkan pengiriman TKI meningkat hingga 10 persen per tahunnya.

Contoh kasus, Eli Anita. Satu dari ribuan TKI yang harus menelan pahit merantau di negeri orang karena terjebak di Irak. Dengan iming-iming akan mendapat perkerjaan di negara makmur, mereka diangkut ke Kurdistan, bagaikan budak belian.

“mereka mau ambil saya 85 persen mereka mau bikinkan saya visa.Tapi agen saya bilang kalau kamu tidak mau tidur sama aku, aku nggak akan lepasin kau. Jadinya saya sudah tidak ada pilihan . ada tiga pilihan. satu pulang ke Indonesia , kedua tidur dengan saya, ketiga ada Negara baru katanya Kurdistan Negara baru masih part of Itali. saya percaya aja . jadinya saya berangkat. saya sudah terlalu nekat” kenang Eli.

Setelah melalui perjuangan panjang,dan perlakuan yang tidak semestiya dari agency yang menaunginya, Eli bersama temannya Darmianti dan Siti Julaeha akhirnya dipulangkan ke Indonesia bantuan organisasi internasional, Organization for Migration (IOM). Sementara beberapa TKI saat ini tengah menunggu jadwal kepulangan.

“Kita dipanggil ke IOM terus tandatangan kalau kita mo pulang. Saya ditanyain keadaan kamu gimana saya critain semua saya pernah di cekik, sering tak dikasih makan, di siksa dengan pegawai-pegawai disitu. Dia minta beberapa identitas temen-temen saya disana kebetulan saya selalu catet temen-temen saya.saya baru bener-bener percaya kita di kirim pulang kita dikirim ke bandara Erbil International Airport. Ke luar dari kantor itupun saya sudah diancam kalau sampai di Dubai kamu macem-macem, Aku bisa tarik kembali kamu ke Erbil. Kita dapet probem juga sampai di Dubai kita harus cari-cari sendiri. jadi saya sempet kebingungan akhirnya tanggal 7 desember kita sampai di bandara sukarno hatta,” tambahnya.

Banyaknya kasus TKI berasalah ini terjadi karena pemerintah ternyata tidak melakukan apapun, khususnya untuk memulangkan buruh-buruh migran Indonesia yang saat ini terperangkap di wilayah konflik.

Namun Anis Hidayah Direktur Eksekutif organisasi MigrantCare atau Perhimpuan Indonesia untuk Buruh Migran Berdaulat mengungkapkan, pemerintah hingga kini masih sangat tidak serius dalam melindungi para pekerja migran.

“Kita sih menilai pemerintah masih menggunakan kerangka advokasi yang lama. Jadi Merespon perkasus. ada kasus di respon, ditanggapi bahkan beberapa kasus mereka lebh reaktif . ini tidak akan memperbaki birokrasi yang ada.Seharusya yang harus dilakukan pemerintah segera mungkin membangun satu mekanisme yang sistematis habis juga energi pemerintah . Saya kita tidak akan selesai masalah TKI. Ini kelemahan paling besar.Dan ada BNP2TKI, saya kira birokrasi untuk menyelesaikan masalah semakin tak pasti.selama ini kasus-kasus yang kita ajukan untuk proses penyelesaian sangat lambat proses penyelesaiannya.”

Data Migran care menyebutkan, akhir tahun lalu TKW asal Indonesia yang berada di negara dilanda konflik itu sekitar 70 orang, tapi baru 29 orang yang teridentifikasi. Dari jumlah itu lima di antaranya sudah dipulangkan ke Indonesia.
Sementara, untuk memperkecil peluang TKW asal Indonesia jadi korban trafficking, tambah Nur, pemerintah perlu memperketat pengawasan terhadap PPJTKI yang akan memberangkatkan buruh migrant.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) dan Badan Hukum Indonesia Deplu Teguh Wardoyo mengakui , situasi dan kondisi di wilayah konflik tidak normal. Ada ketentuan-ketentuan yang harus dipatuhi untuk alasan keamanan mereka sendiri.

Menurut Teguh, pihaknya memang bertugas memberikan perlindungan kepada WNI di luar negeri. Meski demikian, pihaknya tetap bersikukuh instansinya tidak bertanggung jawab atas segala permasalahan WNI.

“Ya karena uang mereka mau cari duit. Mereka dalam kondisi kesulitan ya Kita nggak tahu. Cuman pemerintah menghimbau kalau cari uang ke tempat lebih baik . kalau mereka kemana-mana sapa yang bisa cegah gitu masalahnya . departemen luar negeri hanya menghimbau untuk melapor ini. tapi nyatanya mereka tidak melapor.jadi pemerintah bisa berbuat apa”

Penempatan TKI memang sepenuhnya merupakan tanggung jawab Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Depnakertrans) dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

Ditengah banyaknya tragedi yang menimpa para TKI di negeri orang dan ketidak seriusan pemerintah dalah menangani kasus –kasus TKI bermasalah. Menjadi TKI tetap menjadi pekerjaan yang menggiurkan bagi mereka yang tak mengenyam pendidikan tinggi. Para pemasok devisa Negara tetap yakin akan mereguh keuntungan besar secara materi dengan bekerja di luar negeri sebagai buruh migran.

Dari Kendal, Jawa Tengah. Noni Arnee

Sabtu, 06 Juni 2009

Pemakaman


sebuah upacara pemakaman yang tampak rumit, karena tanah pekuburan sudah sangat becek oleh lumpur basah, akibat hujan dan banjir rob sebelumnya. Pemakaman ini memang masih bisa digunakan. Namun sepertinya, tak lama lagi nasibnya akan serupa dengan pemakaman desa tak jauh dari tempat itu. Tertelan air, menjadi bagian dari laut, dan berubah sebagai habitat ikan mujair.

Abrasi Pantai Utara Jawa

Publish on Radio International Jerman Deutsche Welle/ Indonesian Programme
KBR 68 H Jakarta

by. Noni Arni feat. Ging Ginanjar

Kerusakan lingkungan yang dialami pesisir utara pulau Jawa, main lama makin parah. Yang jadi musabab terutama adalah abrasi, pengikisan daratan oleh laut. Berbagai nfrastruktur rusak, lingkungan ahncur, ekosistem berubah. Dan secara sosial dan ekonomi juga menciptakan bencana terhadap penduduk. Sayung, Tanggul Tlare dan Bulak merupakan contoh nyata tentang ancaman abrasi laut.

Namun pemerintah masih belum menaruh perhatian yang memadai. Memang mulai dibangun sejumlah fasilitas pelindung pantai, seperti beton-beton penjinak gelombang. Juga dijalankan program penanaman kembali pohon bakau atau mangrove di berbagai kawasan pantai. Tapi berbagai upaya itu terkesan setengah-setengah. Keterbatasan dana selalu jadi alasan tidak optimalnya penanganan melalui bangunan fisik. Sementara penanganan secara alami, agar mencapai kerapatan yang cukup untuk menahan laju abrasi, pohon bakau memerlukan waktu setidaknya 25 tahun. Separah apa ancaman abrasi ini?

“Terhampar pasir putih meski tak begitu bersih, hempasan ombak dan angin juga bertiup tidak begitu kencang, di depan sana adalah keluasan laut jawa. tapi siapa nyana, sekitar 4 kilometer dari tempat saya berdiri hingga ke laut lepas, dulunya adalah pemukiman. Kampung Bulak namanya. Kami tengah berdiri di atas puing-puing masjid utama kampung Bulak, bersama kami adalah pak Sumadi, warga kampung Bulak yang terpaksa harus terusir oleh abrasi pantai utara pulau Jawa.“

Sumadi juga bercerita soal puing masjid,
“Lokasi masjid, bekas masjid. bekas tampungan air .Masjidnya ya di tengah situ. Ini bekas pondasi, dihancurkan ombak ini. pagarnya hancur,Ini udah masuk ke tengah situ, sudah diterjang ombak pondasinya kocar kacir.“

Masjid yang ditunjukan Sumadi ini, merupakan satu-satunya jejak Kampung Bulak yang masih bisa dilihat. Lain dari itu, seluruh kampung Bulak kabupaten Jepara sudah musnah. Lenyap ditelan abrasi, atau pengikisan daratan oleh Laut Jawa. Sumadi bahkan sudah tak bisa lagi mengira-ngira lokasi bekas rumahnya dulu.

“Sudah jadi lautan tidak ada bekasnya. masih ke barat lagi pokoknya kurang lebih 4 kilo kalo dari sini, malah 5 kilo ada, jauh amat. Air pasang kalo bercampur angin dan air cepet menelan daratan. Kalo diceritakan ya ngeri sekali..menangis...“

Kampung Bulak merupakan satu dari dua daerah pertama yang habis ditelan abrasi pantai Utara Jawa. Satunya lagi adalah kampung Tanggul Tlare.

Berjarak sekitar 5 kilometer dari Bulak, inilah Tanggul Tlare. Di sini sudah tidak ada sama sekali yang tersisa di daratan. Satu-satunya yang masih menunjukan jejak adalah tiga pilar jembatan desa, yang masih menyembul di permukaan laut, sekitar 400 meter dari pantai.

Bulak dan Tanggul Tlare lenyap sepenuhnya seperempat abad yang lalu. Tapi perluasan laut itu bermula bertahun-tahun sebelumnya, sedikit demi sedikit.
Saadah adalah seorang perempuan tua warga Tanggul Tlare yang mengalami peristiwa itu sejak awal sekali.

“Gelombang dan angin. Jadi mumbul-mumbul gitu sampe rumah-rumah roboh. Yang di pinggiran laut roboh semua. Jadi tanahnya hilang sedikit demi sedikit hilang. Tapi air pasang itu campur angin dan air. Ya ketakutan. cari selamat saya lari terbirit-birit. Sama emak saya. Anak saya tuntun dan gendong. Saya sama neneknya lari dikejar ombak angin gemuruh nggak karu-karuan gitu..“

Dari tahun ke tahun, kata Saadah, keluarganya bersama warga lain, memindahkan rumah menjauhi pantai. Sampai tiga kali. Akhirnya, pada tahun 1983, Desa Tanggul Tlare dan Bulak ditinggalkan sepenuhnya. Wargapun mendirikan kampung baru, sekitar 5 kilometer dari lokasi semula. Bulak dan Tanggul Klare yang asli, sekarang sudah terbenam air, jauh di tengah lautan sana.

Warga Bulak dan Tanggul Tlare tidak sendirian. Puluhan tempat lain di sepanjang pantai utara Pulau Jawa terancam lenyap oleh abrasi pantai. Seperti Sayung, sebuah kecamatan di kabupaten Demak, yang dari sana berjarak sekitar 50 kilometer ke arah barat.

Kecamatan Sayung memang belum sepenuhnya lenyap. Namun salah satu desanya yakni Desa Sriwulan yang terdiri dari 7 dusun, sudah ditinggalkan oleh hampir seluruh penduduknya. Seperti dusun Senik.

“Tak mudah lagi memang memasuki dusun Senik yang terletak di kecamatan sayung demak. Jalanan sudah hancur dan penuh dengan lumpur, meski ada juga motor yang lewat dan nekat menembus lumpur dengan sesekali harus didorong. Kiri kanan di jalan ini adalah tambak ikan bandeng yang tepiannya baru-baru ini ditanami pohon bakau untuk mengurangi dampak abrasi.“

„“Naik perahu tu. Kalo nggak punya motor, terpaksa naik sepeda. Kalau jalan becek diangkat sepedanya. „“

Begitulah Ashadi, seorang warga, menggambarkan susahnya hidup mereka sekarang. Kami berjalan terus menelusuri jalan desa yang hancur oleh Rob atau air pasang Laut Jawa yang tak henti menerjang. Sore itu dusun Senik terasa sepi. Maklum, hanya tinggal 13 rumah yang masih dihuni warga di dusun ini. Sementara 1250 keluarga lain sudah pindah ke lokasi baru, sekitar 5 kilometer ke arah dalam. Tanahnya disediakan pemerintah seluas 60 meter persegi untuk tiap keluarga. Sadjimin, Kepala Kelurahan Bedono yang membawahi dusun Senik menceritakan.

“Mulai tahun 2000 kita coba perbaiki sedikit demi sedkit. Tetap airnya semakin tinggi dan abrasinya juga semakin berat. Tambak yang hancur itu kurang lebih 300 hektar. Kategori sudah rusak parah dan hilang. Tambak habis terkena air pasang dan ombak, jadi sekarang tidak berupa tambak tapi lautan, jadi tambak-tambak dan jalan desa yang membentang dari Rejosari Senik ke Tonosari sudah menjadi bibir pantai. Kalau air pasang datang kelihatan ditengah laut. „“

Dalam catatan sementara, di wilayah Sayung, abrasi telah melanda lahan seluas 8.670 hektar. Penelitian Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro, FPIK Undip, kehancuran kawasan Sayung, diakibatkan oleh pembangunan fisik di Semarang. Dekan FPIK Undip, Johanes Hutabarat.

“Setelah adanya reklamasi pantai marina yang di semarang, satu kilometer tegak lurus garis pantai, sehingga terjadi penambahan kecepatan arah dan arus. yang seharusnya bergerak sejajar atau searah garis pantai, akibat adanya tanah yang menjorok yang berupa reklamasi tadi, maka akan terjadi perubahan kecepatan dan perubahan arah . sehingga yang menjadi korban adalah pantai sayung.““

Pakar kelautan ini juga menjelaskan, secara umum abrasi di pantai utara disebabkan turunnya permukaan daratan dan naiknya ketinggian permukaan laut. Turun atau amblesnya daratan di sebagian kawasan Pantura, berkaitan dengan tingginya pembangunan fisik yang dibarengi kegiatan penyedotan air tanah. Daratan pun ambles dengan laju rata-rata 20 sentimeter per tahun. Sedangkan naiknya permukaan air laut, sekitar seperempat sentimeter per tahun, lebih terkait dengan pemanasan global.

Djoko Sutrisno, kepala badan pengendali dampak lingkungan Jawa Tengah menambahkan alasan lain kerusakan pantai utara.

“Booming tambak udang tahun 70-an hingga 80-an . Waktu itu besar-besaran mengembangkan tambak udang mangrove di babat. Yang selamat itu petani tradisional yang mengembangkan bandeng saja yang mangrovenya tidak dibabat. Di Pantai-pantai yang petaninya tidak budidaya udang selamat.“

Indra Kertati, direktur lembaga pengkajian dan pengembangan sumberdaya pembangunan menyebut. “Data saya di beberapa tempat abrasi mulai sangat kencang tahun 1986 menghebat mulai tahun 1990. Tapi sebelum itu sebetulnya sudah tahun 1963 sudah mulai, tapi begitu menghebat tahun 1980an-1991 sudah sangat terasa. itu seiring dengan tingkat kepadatan penduduk.“

Kembali ke dusun Senik Kecamatan Sayung. Kami berpapasan dengan Sumanah. Ibu itu tengah menuntun sepedanya menembus jalan setapak pinggir kali, yang rusak berat dan digenangi air semata kaki.

“Biasanya hujan-hujan dulu lama kelamaan tanah amblas, terus lama kelamaan terjadi banjir karena tanah longsor. Kebanjiran terus bertahun-tahun sudah 9 tahun. Tingginya sampai seperempat rumah, terus menerus, paling tinggi 1,5 meter. Lautnya semakin deket, pohon-pohon di pinggir laut tercerabut.“

Kami terus berjalan memasuki pedukuhan. Sore itu angin menderu kencang. Sesekali muncul kilat dan guruh di kejauhan. Hujan tak lama lagi akan turun. Namun suami istri petani tambak asal desa mondoliko, Jumiatun dan Basyir, belum beranjak dari tambak ikan bandengnya. Dalam kecipak air tambak, keduanya melayani obrolan kami:

“Kalau ada air dari laut, musim kemarau atau musim hujan sama saja timbul rob, jadi bandeng sering hilang. Kami menabur benih 7 ribu mustinya bisa dapat 7 kuintal tapi sekarang tidak bisa panen paling cuman dapat 1 kuintal. Bandeng kualitasnya juga jelek dan kecil-kecil. Ini karena pengaruh air dari laut yang terlalu besar dan tinggi.““

Suwarno warga senik menemani kami menjelajahi desa. Ia menunjukan berbagai lokasi yang sudah terendam. Rumah-rumah yang sudah runtuh, juga kuburan desa yang kini telah menjadi habitat ikan mujair.

„“Kuburan semua. Ini lokasi kuburan, dulu kalau ada yang meninggal harus nunggu surut, dikuras sambil menggali liang kubur. Kuburan sudah tenggelam semua patok nisan sudah tidak terlihat lagi, sekarang di buat rumah ikan mujair dan kepiting,“ jelas Warno.

Dalam perjalanan pulang, kami melewati sebuah pekuburan lain. Kami menyaksikan sebuah upacara pemakaman yang tampak rumit, karena tanah pekuburan sudah sangat becek oleh lumpur basah, akibat hujan dan banjir rob sebelumnya. Pemakaman ini memang masih bisa digunakan. Namun sepertinya, tak lama lagi nasibnya akan serupa dengan pemakaman desa yang ditunjukkan Suwarno sebelumnya. Tertelan air, menjadi bagian dari laut, dan berubah sebagai habitat ikan mujair.

Nov 2007 / pesisir utara Jawa Tengah

Kamis, 04 Juni 2009

Qariyyah Tayyibah, Oase Kebobrokan Pendidikan Indonesia


Publish on Radio International Jerman Deutsche Welle / Indonesian Programme

By. Noni Arni

Berbagai persoalan masih menyelimuti sistem pendidikan Indonesia, di semua jenjang. Mulai dari rendahnya mutu lulusan hingga komersialisasi pendidikan. Di berbagai wilayah, pendidikan tak lagi sebagai pelayanan publik, tapi lebih sebagai layanan privat. Artinya mereka yang memiliki uang saja yang bisa mengakses pendidikan.

Institusi pendidikan dibiarkan berjalan sendiri. Akibatnya, banyak anak indonesia terpaksa putus sekolah karena tidak mampu meraih pendidikan, meski hanya di sekolah biasa. Meski tak banyak, untunglah sekolah alternatif pun bermunculan. Berikut penelusuran wartawan Deutsche Welle di Jawa Tengah, Noni Arni, ke sebuah sekolah alternatif berbasis komunitas Qariyyah Tayyibah yang berhasil menciptakan anak-anak berkualitas tanpa biaya mahal :

Waktu menunjukkan pukul 9 pagi ketika saya datang ke sekolah alternatif Qariyyah Tayyibah. Sekolah yang terletak di desa Kalibening, Salatiga, Jawa Tengah. Sebuah desa kecil yang berjarak sekitar 3 kilometer dari kota Salatiga.

Tak ada papan nama, pagar sekolah, lonceng maupun seragam layaknya sebuah sekolah pada umumnya. Yang ada hanya rumah milik Bahruddin yang disulap menjadi aula tanpa meja kursi. Lantai keramik rumah itu beralaskan tikar plastik. Yang menandakan keberadaan sekolah ini, hanya anak-anak umur belasan tahun yang bergerombol dan asyk dengan aktivitasnya sendiri-sendiri.

Moksa dan 10 anak lainnya terlihat asyik di depan laptop masing-masing. Ada yang mengakses situs internet friendster, google, memainkan game online, mengotak-atik photo shop sambil mendengarkan musik, hingga menulis cerpen. mereka tak bermain-main. Beginilah cara mereka belajar dan sistem pembelajaran yang diterapkan di SMP Qariyyah Tayyibah. Dalam satu ruangan terjadi proses multi pembelajaran. Kebebasan memilih untuk belajar menjadi ciri khas sekolah ini.

Achmad Bahruddin, Kepala Sekolah SMP alternatif Qariyyah Tayyibah yang juga pencetus SMP berbasis komunitas ini mengungkapkan, sekolah ini mengacu pada kurikulum sekolah reguler tapi kegiatan belajar tak dibatasi secara formal.

Kurikulum berbasis kebutuhan, begitulah metode belajar yang diterapkan kepada siswa. Jadi para siswa bebas belajar apa dan kapan saja yang mereka suka dan minati. Belajar juga tidak mengenal lokasi dilakukan dengan cara bermacam-macam.

“Terutama bahasa Inggris karena memang bahasa Inggris lebih intensif selama satu tahun tiap pagi ada English Morning. Telak sekali bisa mengungguli sekolah induknya dan itu kakak kelas. Artinya model pembelajaran yang orang menyebut seenaknya sendiri, terus dengan sarana sangat terbatas gedung tidak ada. Tapi ternyata kita gunakan cara berpikir mandiri, kita manfaatkan apa yang ada, ternyata lingkungan belajar bahkan persoalan yang dihadapi bisa menjadi resource pembelajaran bisa mejadi sarana pembelajaran.”

Pada awalnya sekolah ini ditujukan bagi anak-anak di desa Kalibening yang tak mampu melanjutkan pendidikan wajib belajar sembilan tahun karena keterbatasan biaya. Dikelola dengan prinsip pendidikan berbasis komunitas. Artinya, kegiatan pendidikan diselenggarakan dan diarahkan menurut kebutuhan komunitas atau warga setempat.

“Sederhana saja misalnya ketika di desanya ada persoalan tentang alat produksi yang namanya tanah, anak-anak akhirnya belajar tentang land reform. Sekarang bikin kajian tentang land reform. Tidak ada di SMP SMA se Indonesia bahkan se-dunia yang anak sekecil itu bisa membuat kajian land reform. Masalah itu ternyata bisa menjadi resource pembelajaran. apalagi potensi natural resources yang ada di desa ini, ada kebun, ada sawah dan serangkaian permasalahannya. Sebenarnya itu, Pembelajaran yang betul-betul dipusatkan Pada kepentingan anak. Anak kan punya keluarga. Keluarga punya komunitas. Makanya kita menyebut community base education. Pembelajaran, pendidikan yang betul-betul berbasis pada kepentingan komunitas,”tambah Bachrudin.

Kini sekolah Qariyyah Tayyibah memasuki tahun keenam, Namun 150 siswanya tak hanya berasal dari desa Kalibening saja.

Moksa, adalah siswa tingkat satu yang berasal dari Jakarta yang lebih tertarik memilih sekolah di Qariyyah Tayyibah setelah lulus dari sekolah dasar.

“Aku kan liat di tv, aku senang kalau sekolahan model kayak gini aku senang, bapak menganjurkan mau sekolah di sini apa tidak. Enak suka aku. Tak terlalu dipaksa, Misalnya mau belajar matematika tapi tak suka boleh belajar yang lain, mengedit foto atau main internet. Kalau guru cuma pendamping, pendamping matematika yang ngajar matematika, seperti guru tapi tak seperti kayak guru sekali gitu. Ya bebas berpendapat gitu.”

Begitu juga dengan Binar Al-Kautsar siswa dari bangka Belitung, yang meninggalkan sekolah internasional di kampung halamannya

“Sekolah saya yang reguler kebetulan sekolah internasional. Saya kira mereka bisa mengerti murid kemauan murid. Tidak serba terpaksa. Kalau di sana bangun jam 7 pagi terpaksa disini mau ga… .gitu kan kadang bangun jam 9, jam 11. Jarang.. Paling ikutnya forum kelas Senin saja. tergantung kelasnya mau kumpul atau tidak. Di sini free.”

Untuk membangun sekolah berkualitas namun murah. Dengan memakai model partisipatif, sekolah ini menggabungkan peranan pengelola, murid, keluarga dan masyarakat dalam menciptakan pendidikan sesuai kebutuhan. Qaryah Thayyibah juga memberikan posisi setara antara guru dan murid. Fungsi guru yang mereka sebut pendamping belajar lebih ditekankan sebagai motivator.

Pendamping siswa Ali Mutaha mengatakan sarana menjadi modal yang diutamakan adalah internet yang bisa diakses gratis 24 jam nonstop, sebagai pusat informasi terbesar. Di samping itu, juga memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media belajar. Misalnya pertanian, industri rumah, konservasi alam, pengairan, ilmu ekonomi warung desa, dan sebagainya.

“Yang paling mendukung bagi kita kan internet, informasi paling besar untuk cari apa-apa. Kalau untuk pendidikan komunitas, diluar ada kebun, ada sawah, tanaman Itu mereka belajar apa, ada faslitas yang sangat besar sekali, gratis, mungkin kalau di luar negeri ya tidak boleh masuk tempat orang. Mereka ingin belajar sejarah tentang desa ini ya sudah datang ke tempat sesepuh atau perangkat atau siapa.Tanya sejarah kalibening itu seperti apa . siapa yang tahu, tidak harus guru. Itu guru mereka.”

Lulu dan Hana menceritakan bagaimana cara belajar mereka

“Misalnya pelajaran kalau yang diterangkan guru kita tidak tahu, bisa cari di internet .terus kalau mau cari artikel –artikel juga dari internet”

“Banyak kalau gurunya tak masuk ya biasananya disini main internet Friendster-an . di sekolah biasa saya tidak pernah masuk enak ..di sini.kalau disuruh buat PR sama lari mending lari. Di sini enak didampingi. Buat bahasa Ingris kayak game gitu….Biasannya kalau disini banyak forum seperti forum teater, film .”

Orang tua yakin dan menyerahkan sepenuhnya pola pembelajaran anaknya pada Qariyah Tayibah, seperti Ridwan orang tua Hana

“Saya mantap bahwa pola pembelajaran di Qariyah Tayibah sangat sesuai, sangat cocok untuk mengembangkan potensi anak. Dia mau tahu apa saja proses itu dia lakukan apa saja.Bahkan dengan memberikan ruang pada anak untuk berkarya, computer sampai HP dia dapatkan sediri. Uang sekolah Tidak ada, sifatnya kalau dulu di awal pembelajaran tidak ada. Kesepakatan Maka ya yang terkecil kosong tidak menyumbang, yang terbesar tidak ada batasannya sesuai dengan kemampuan wali murid.”

SMP Alternatif Qaryah Thayyibah merupakan pengembangan dari konsep bersekolah di rumah. Pada dasarnya anak-anak itu belajar bersama di sebuah rumah dengan didampingi oleh pembimbing.

Naswil Idris, salah seorang praktisi pendidikan mengungkapkan alasannya kenapa "SMP Alternatif QT di Kalibening sejajar dengan kampung Isy Les Moulineuk di Prancis atau Kecamatan Mitaka di Tokyo", yang telah menggunakan jaringan internet di komunitasnya sendiri.

“Qtariyah Tayibah ini sebagai suatu embrio dari yang disebut di New York Intelegent Community. Jadi ada intelegent multy forum di new York yang menilai di seluruh dunia bentuk-bentuk keberhasilan masyarakat pendidikan termasuk di Tokyo Mitaka City namanya kemudian adalagi di Eropa. Saya sudah sejajarkan itu . diantara keberhasilan didunia itu di forum di Honolulu saya katakanan ini adalah embrio untuk menjadi model sekolah yang berhasil . sekolah Qariyyah Tayibah sebagai suatu contoh sekolah yang berhasil, bagaimana menyebutnya ini adalah cikal bakal suatu bentuk pendidikan yang bisa menyamai hasil-hasil pendidikan yang berhasil di dunia.”

Dan SMP Qaryah Thayyibah dapat menjadi contoh bagi peminat pendidikan alternatif yang ingin menciptakan pendidikan berbasis komunitas. Kemunculan SMP Alternatif Qaryah Thayyibah merupakan sebuah kritik paradigmatik atas paradigma pendidikan yang secara umum dipraktikkan di Indonesia.

2008