Pages

Senin, 08 Maret 2010

Menghilangnya Kesenian Kentrung

Publish on SAGA KBR68H Jakarta
23 Feb'10

Kentrung adalah seni bertutur khas wilayah Pantura Timur Jawa. Mulai dikenal sejak 1900-an, kentrung dimainkan oleh seorang dalang, diiringi tetabuhan rebana. Bercerita tentang kebajikan, yang dijadikan suri tauladan masyarakat. Namun kini kentrung menghadapi senjakala; kehilangan generasi penerus dan peminat. Kontributor KBR68H Noni Arni menelusuri jejak kentrung yang tersisa...

Setelah mengencangkan kulit dua rebananya, Parno Kodri meletakkan satu rebana di pangkuan. Satunya direbahkan di lantai. Lantas ia mulai menabuh, dengan jari dan tangan. Alunan suara rebana mengiringi cerita yang dituturkannya.

”Bunyi trung..tung..tung..tung dari alat musik rebana ini menjadi ciri khas kesenian kentrung. Bunyi in i sangat dominan sejak awal hingga akhir pertunjukan.”

Laki-laki usia 60 tahun ini duduk beralaskan karpet, di teras sebuah rumah. Penampilannya sederhana; kemeja lengan panjang dan sarung lusuh. Ia diundang sebagai dalang kentrung oleh empunya rumah yang sedang ada hajatan.

Malam itu Parno Kodri menyajikan cerita Aji Saka. Cerita soal kepahlawanan seorang ksatria yang jadi raja pertama di tanah Jawa.

Tak mudah menemukan pergelaran kentrung, meski dulu sangat populer di kalangan masyarakat. Ini kali kedua, sang empunya rumah, Ahyar Permana, menggelar pertunjukan kentrung.

"Saya pernah melihat kentrung ketika saya masih usia sekolah dasar. Di kampung saya di Pati itu beberapa orang suka kentrung. Ketika sekarang ini kentrung sudah tidak ada, saya merindukan kesenian kentrung. Karena kebetulan saya punya hajat, maka saya mengundang dalang kentrung yang masih tersisa, Generasi terakhir karena sesudah itu tidak ada lagi."

Kentrung adalah seni bertutur tradisional, perpaduan antara budaya Timur Tengah dan Jawa. Biasanya kentrung dihelat dalam acara pernikahan, syukuran atau sunatan.

Alat musik yang digunakan adalah rebana, sementara ceritanya berasal dari banyak sumber. Selain lakon babad tanah Jawa, bisa juga menggunakan cerita rakyat, hikayat nabi, cerita Wali Songo sampai kisah 1001 malam. Ada nilai-nilai kebaikan yang disampaikan lewat setiap cerita.

”Melihat esensinya sangat berkaitan dengan budaya Islam, ekspresinya yang pakai trebang. Cerita-cerita islam. Cara mendongeng itu, cara yang efektif mentransformasikan nilai, mentransmisikan nilai dari satu generasi ke generasi. Mereka adalah pentransmisi nilai di masyarakat itu. Di waktu itu fungsinya. Kentrung menjadi salah satu ikon yang dibutuhkan di masyarakat waktu itu." jelas Pemerhati seni kentrung Anis Sholeh Ba’asyin.

Kentrung dimainkan oleh seorang dalang. Pertunjukan berlangsung semalam suntuk.

Penonton kentrung dari dalang Parno Kodri itu malam hanya puluhan. Rata-rata usianya 40 tahun. Ada Ahmad, tetangga Ahyar di sana.

”Kalau nonton sudah pernah baru satu kali saja. Di desa saya di Gulungan kurang lebih sudah 10 tahun yang lalu. Hampir semalam. Jadi ceritanya satu cerita nanti selesai cerita yang lain. Bersambung-sambung. Istiahat nanti main lagi."

Sementara Sulihat, meski sudah berusia lebih separuh abad, baru sekali ini menonton kentrung.

”Katanya tradisional di daerah saya Pati, tapi belum pernah. Saya sendiri kurang paham, dulu di belakang rumah itu dulu pernah ”nanggap” itu istilahnya. Belum pernah nonton? Iya, Saya belum pernah ”blas”(belum pernah sama sekali). Dulu orang-orang tua saja yang bilang itu.”

Kalau yang tua saja baru sekali ini nonton kentrung, tak bisa banyak berharap seni bertutur tradisional ini populer di kalangan anak muda.

Parno Kodri, sang dalang kentrung, mengaku makin kekurangan order.
"Sekarang jarang diundang untuk mendalang kentrung. Hanya sesekali saja kalau kebetulan ada orang yang mempunyai hajat tertentu. Hanya kadangkala. Biasanya saya mendalang sampai Margojero, Bakaran, Bajo, Sluke, kemana-mana tapi masih di sekitar Pati saja. Jarang di tanggap, tidak seperti dulu lagi."

Gilasan roda jaman membuat kentrung terpinggirkan. Kalau tak segera diselamatkan, kesenian ini betul-betul bakal musnah.

Kontributor KBR68H Noni Arni menuju Desa Sadang, di Kudus, Jawa Tengah. Mencari Wiryo Sidi, satu dari dua dalang kentrung senior yang tersisa.

Terlambat. Wiryo meninggal sebulan lalu, di usia 102 tahun.

Perjalanan diteruskan ke rumah Kasriyono. Dalang kentrung berusia 86 tahun ini tengah bersantai di teras rumah sambil menghisap rokok kretek. Penampilannya masih bugar. Badannya masih tegap, raut mukanya cerah dan deretan gigi yang masih utuh.

Kematian Wiryo Sidi menjadi awal perbincangan kami.
"Lha itu habis pinjem golek saya karena dia ndak punya golek. Mau ada yang nanggap dia, terpaksa dia pinjem saya. Habis main 3 hari kemudian meninggal. Dia dulu punya golek katanya dijual. (Untuk apa mbah golek kok dijual?)..Saya sakit, golek saya jual untuk berobat... dah pinjem boleh..pinjem golek saya cuma pinjem 10 biji saja..Ya boleh berapa..ya sudah kuate mbah wiryo berapa..50 ribu ya..ya sudah bawa. Ya tinggal saya sendiri, di Kudus enggak ada lagi.”

Kasriyono awalnya adalah dalang wayang golek. Lantaran sepi order, ia menuruti nasihat Mbah Wawing, dalang kentrung yang populer di tahun 1940-an, untuk menjadi dalang kentrung. Ia lantas memadukan bunyi tetabuhan rebana dan aluanan lagu jawa dari kentrung dengan wayang golek yang terbuat dari kayu.

Kalau di Pati tinggal Kasriyono satu-satunya dalang kentrung yang tersisa, maka di Pati, Parno Kodri adalah dalang pamungkas.

”Dalang kentung sudah banyak yang meninggal, di sekitar wilayah Pati sekarang hanya saya.”

Parno sudah 30 tahun lebih merintis kehidupan sebagai dalang kentrung.
“Sudah lama sekali, keturunan dari bapak saya. Dulu sekitar tahun ’55 mulai menemani bapak saya mendalang sampai kemana-mana dan itu akhirnya menurun pada saya sampai sekarang. Saya tidak pernah latihan tapi langsung bisa karena dulu sering mengikuti bapak saya mendalang, lama-lama bisa sendiri. Saya kentrung keturunan.”

Yang tak menurun adalah rejeki jadi dalang kentrung.
”Sebulan bisa lima hingga enam kali jaman bapak saya, sekarang jarang karena banyak kesenian di TV, kaset-kaset tayub. Orang-orang lebih suka lihat itu. Sekarang jarang mendalang karena kalah dengan kesenian sekarang. Jaman dulu laris.”

Tak heran, Kasriyono lantas disibukkan dengan usaha tempat penitipan sepeda, ketimbang melakoni seni bertutur khas Pantura ini.

“Masih kalau ada yang nanggap. Setahun itu paling-paling ya 10 kali itu dah bagus. Sekarang ini sudah setengah tahun tidak ada yang ‘nanggap’. Kalau tahun 80-an itu 150 ribu, kemarin ini yang terakhir sejuta. Itu kan ga bisa untuk makan untuk nyandang. Ini penitipan sepeda untuk karyawan pabrik rokok, pemasukan hampir sama misalnya 60 ribu”

Pengamat kesenian kentrung Anis Sholeh Ba’asyin seolah memprediksi, kematian kentrung tinggal menunggu waktu.

”Lima jari saya ga habis apalagi yang maesto ga ada. Generasi terakhir yang menguasai betul yang ahli sudah habis, bahkan kalau Anda mendengarkan musiknya tanya yang pernah mendengarkan. Beda cara bermain musik mereka, cara mengekspresikan mereka beda sekarang, tampak sekali bahwa bukan tangan pertama, bukan ahlinya.”

Di Kudus, dalang kentrung tinggal Kasriyono. Di Pati tinggal Parno Kodri. Dan keduanya sudah tua.

Tak banyak pula anak muda yang tahu apa itu kentrung.

“Dulu di kampung sering kali orang menanggap dalang kentrung itu sering sekali. Sekarang hampir tidak ada. Bahkan sekarang kalau kita tanya usia di bawah saya sedikit, tanya kentrung itu apa ga tahu. Mereka ga punya referensi untuk itu bahkan banyak orang-orang di desa-desa ga tahu kentrung itu apa.”ungkap Anis Sholeh Ba'asyin.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kudus mengaku sudah mengupayakan pelestarian kentrung.
Menggelar Pertunjukan kentrung 2 bulan sekali di Taman Budaya Kudus, menyertakan dalam agenda budaya hingga menggelar pertunjukan kentrung di desa-desa. Tapi hasilnya nol, kata Kepala Seksi Seni Budaya dan Tradisi, dan Bahasa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Giyono. Sepi dengan penonton.

“Perkembangannya mengalami kesulitan karena kami mencoba untuk mensosialisasikan. Seni kentrung itu kita pentaskan. Namun kenyataannya, masyarakat belum bisa menerima sehingga pelestariannya atau pewarisannya kepada generasi muda sampai saat ini belum bisa berjalan. Minat dari generasi muda untuk menggeluti seni kentrung ini masih sangat kurang bahkan malah tidak ada.”

Parno Kodri tak bisa mengharapkan keluarganya jadi penerus dalang kentrung di Pati.

”Kalau ada bisa turun temurun. Tapi anak saya perempuan dan kerja di Malaysia. Satunya lagi kerja di Juwana jadi tukang las di perusahaan. (Tidak ada yang ingin jadi dalang?) Tidak ada yang mau mengikuti jejak saya. Habis, sudah tidak ada lagi. (Di daerah bapak ada yang tertarik jadi dalang?)..Tidak ada.”

Mungkin kentrung tengah berhitung mundur. Sebelum benar-bentar punah karena tak ada yang melestarikannya.

”Tidak ada yang nerusin terus gimana? Ya mau gimana lagi, biarin saja. Kalau ada penggantinya bagus, tapi kalau ga ada ya mau gimana lagi. Ya..Nanti di lain desa pasti ada, di desa-desa lain pasti ada...” kata Parno Kodri pasrah.

-non-

1 komentar:

Zorsyna mengatakan...

saya merasa prihatin kalau nggak ada generasi yang meneruskan, sebenarnya di setiap sekolah daerah seni budaya asli Indonesia ini harus diajarkan agar budaya tidak mati begitu saja... bayangkan.... generasi baru hanya tau Justin Bieber, daripada budanyanya sendiri