Pages

Senin, 08 Maret 2010

Pasar Imlek Semawis

KBR68H

Pasar Imlek Semawis adalah pasar rakyat menyambut tahun baru Cina yang hanya ditemukan di kota lumpia. Di sini tidak hanya perayaan religi tapi juga budaya
Kontibutor KBR68H Noni Arni, mengajak Anda menyaksikan bagaimana kemeriahan pasar tiban ini.

Atraksi barongsai dan liong samsi terdengar di antara kerumunan di kawasan pecinan Semarang. Pernak pernik imlek dan lampion menghiasi tiap jalan, rumah dan klenteng. Suasana malam di pecinan sejak 5 hari menjelang Sin Cia nampak meriah.

Dan orang-orang pun terus berdatangan . Ada yang berbelanja, makan, cuci mata, atau hanya bersendau gurau. Stan aneka makanan khas semarangan, pernak pernik imlek, kerajinan tangan, pakaian hingga promosi berbagai macam produk modern, berjejer disepanjang jalan-jalan sempit yang penuh sesak.

Semua membaur menjadi satu. Beginilah suasana pasar imlek semawis. Pasar tiban khas pecinan Semarang yang hanya bisa ditemui setahun sekali menjelang tahun baru Cina.
Dalam bahasa jawa, semawis berarti Semarang. Artinya pasar ini hanya ada ada di Semarang. Kemeriahan pasar tradisional ini muncul 7 tahun terakhir, seiring dengan lenyapnya diskriminasi terhadap warga keturunan Cina.

Ditempat ini warga Tionghoa di pecinan biasa berbelanja kebutuhan imlek, seperti makanan, buah-buahan, hiasan rumah dan pakaian. Benita Ariani mencari makanan untuk persiapan makan malam.

”Tujuan utamanya untuk berbelanja barang-barang kebutuhan imlek. Katakan biasa makanan itu masing-masing keluarga sendiri-sendiri, tapi kalau di keluarga saya itu menu wajib itu rebung dimasak sampai lunak. Itu merupakan salah satu menu yang dinikmati pada waktu malam tahun baru imlek.”

Warga semarang umumnya pun datang menyaksikan dan menikmati kemeriahan ini. Seperti Entik

”Tiap tahun kesini lihat-lihat pasar semawis, soalnya kan adanya satu tahun sekali ya. Nyari-nyari pernak pernik berbau cina kan lucu-lucu. Selain itu aku juga wisata kuliner, jarang-jarang ada makanan khas gitu yang bikinan asli orang cina juga, kayak wedang tahu, lumpia. Macem-macem lah wisata kuliner gitu sekalian jalan-jalan.”

Pasar imlek semawis bermula dari tradisi lama pasar senggol Gang Baru yang hidup sejak ratusan tahun. Kala itu, pasar dijadikan tempat berkumpul dan berinteraksi warga Tionghoa dan pribumi.
Nafas Tradisi pasar tiban ini kembali dihidupkan melalui pasar imlek semawis,

”Asal mulanya adalah dari tradisi pasar malam Ji Kau Meh di pasar Gang Baru. Jadi masyarakat Tiong hoa di Semarang setiap tanggal 29 bulan 12 imlek itu ngumpul di pasar gang baru malam hari untuk berbelanja barang-barang keperluan untuk sembahyang imlek tanggal 30 nya. Yang kita sebut dengan pasar malam Ji Kau Meh. Itu yang kemudian kita kembangkan sekarang menjadi pasar imlek semawis.”jelas ketua panitia pasar imlek semawis Dharmadi.

Pasar ini dulunya juga dimanfaatkan muda mudi setempat untuk saling melirik dan mencari jodoh.

”Ada suatu tradisi dari masyarakat Tiong hoa, bahwa pada saat malem Ji Kau Meh itu biasanya pada jaman dulu dipake buat cari jodoh. Bagi yang masih jomlo biasanya datang di pasar gang baru untuk berkenalan, untuk cari jodoh disana. Tradisi masa lalu yang bisa kita jaga , bisa kita lestarikan.”

Pada perkembangannya, pasar imlek semawis tampil lebih modern. Tidak hanya kuliner khas, kerajinan, dan aksesoris khas negeri tirai bambu. Pasar Imlek Semawis juga menyajikan berbagai atraksi budaya seperti tarian gambang Semarang dan Barongsai

Atau wayang mandarin dan wayang potehi, seni pertunjukan yang merupakan akulturasi budaya China dengan budaya lokal.

Perpaduan budaya tak lepas dari sejarah pecinan Semarang. Kawasan yang diapit wilayah Kauman dengan budaya Timur tengah, Kota Lama Belanda dan kawasan Jurnatan dengan mayoritas pribumi. Keunikan Ini tidak ditemui di pecinan lain,

”Ji kao meh khas semarang, karena ditempat lain biasanya di tempat lain perayaan imlek cenderung berbeda. semarang ada kekhasan, meskipun kita mengatakan budaya tradisi seni masyarakat sudah membaur dengan budaya setempat dengan budaya jawa, budaya timur tengah kemudian juga budaya barat. Ada perpaduan budaya yang cukup unik. Di kawasan ini ada 9 klenteng yang umurnya ratusan tahun, Ada gereja, ada masjid yang letaknya berdampingan satu sama lain. Kaeneka ragaman itu ada.” kata Dharmadi.

Budaya lokal dan pendatang inilah yang mempengaruhi tolerasi di komunitas pecinan Semarang. Mereka lebih terbuka enerima perbedaan.

Kini, pasar imlek semawis menjadi kegiatan yang ditungggu menjelang tahun baru cina. Ketua Kopi Semawis, komunitas pecinan semarang untuk pariwisata, haryanto halim mengatakan,

”Yang menarik bahwa sekarang dengan adanya pasar imlek semawis ini, yang dulunya tidak pernah ke pecinan sekarang jadi pengen lihat pecinan. Bukan hanya kalangan non Tiong hoa yang pengen, yang Tiong hoa yang ga pernah ke pecinan jadi pengen ke pecinan. Tionghoa tidak semua ke pecinan. Karena buat mereka itu entitas yang tidak mereka kenal. Karena Tiong hoa itu juga beragam. Dengan diangkatnya pasar imlek semawis ini menjadi sesuatu yang menarik. Dan menarik lagi bahwa orang-orang Semarang yang sudah bermigrasi keluar kota yang dulunya ga pernah pulang sekarang saat imlekpun sekarang juga pengen pulang.”

Multi etnis berbaur dipasar itu. Pasar Imlek Semawis pun menjadi peristiwa budaya dan simbol kerukunan umat beragama.

-Non-

Tidak ada komentar: