Pages

Rabu, 13 Maret 2013

Si Cantik Kota Tapal Kuda


Jayapura dari Polimak


Dari balik jendela pesawat, danau terbesar di Papua dengan gugusan pulau kecil terlihat dengan jelas memesona menyambut mata kami dari ketinggian.  Tujuh menit sebelum pesawat yang saya tumpangi bersama rombongan mendarat di Bandar Udara Sentani. ”Itu Danau Sentani,” kata salah seorang teman sambil menunjuk lewat jendela pesawat.
Panorama seperti ini yang membuat kami semakin penasaran untuk menyaksikan salah satu keindahan alam Papua dari dekat ketika menginjakkan kaki di Jayapura. 
Meski tak beruntung menyaksikan Festival Danau Sentani di Kalkote Holiday Resort karena datang bukan pada bulan Juni, paling tidak saya tetap bisa menikmati pemandangan indah danau yang memiliki arti “di sini kami tinggal dengan damai” ini.  Tidak hanya dari dalam pesawat yang akan mendarat. Saya pun bisa menyaksikan panorama lanskap danau seperti lukisan hidup yang terhampar di depan mata dari berbagai tempat.
Danau Sentani dr ketinggian
Tapi mengelilingi danau yang terbentang antara Kota Jayapura dan dan Kabupaten Jayapura dari dekat tentu tak cukup dalam sehari. Selain luasnya mencapai 9.360 hektar, danau yang berada di ketinggian 75 mdpl harus dilalui dengan jalan berliku-liku dan naik turun bukit.
Untuk mempersingkat waktu, kami memutuskan pergi ke Bukit Makatur. ”Sebenarnya namanya Bukit Mc Arthur, tapi kami biasa menyebut Bukit Makatur. Lebih mudah,” jelas pemandu sambil tertawa.
Untuk bisa mencapai bukit, tentu saja mobil yang kami tumpangi harus mendaki. Untung saja walau jalannya kecil, kondisi jalan relatif mulus. 
Dari puncak bukit yang berada di salah satu bukit di jejeran Pegunungan Cyclops yang menjulang tinggi di pinggiran kota Sentani inilah pemandangan utuh danau bisa disaksikan dengan jelas. Saking jelasnya, saya bisa menghitung 21 pulau kecil berpenghuni dengan gunung-gunung kecil berujung yang lancip yang terserak di sekeliling danau. Bahkan dari puncak Mc Arthur ini bisa melihat lalu lintas pesawat yang mendarat atau akan terbang di Bandara Sentani seperti mainan anak-anak.
Sentani dari bukit Makatur
Tak hanya melihat keindahan danau dan kota Sentani. Sejarah kota ini pun tak kalah uniknya. Di puncak bukit Makatur ini juga bisa menyaksikan sisa-sisa peninggalan  Perang Dunia II dari jendral McArthur. Salah satu jenderal sekutu yang pernah mendarat di kota ini sebelum menghancurkan pertahanan dan mengusir Jepang dari kawasan Pasifik ketika pecah Perang Dunia II.  Buktinya, Monumen McArthur yang berdiri kokoh sebagai  tugu peringatan, termasuk tugu pendaratan Jepang. Juga foto-foto McArthur dan berikut barang-barang peninggalannya.
Pertanyaan pun terjawab kenapa ketika sampai di pintu gerbang menuju puncak bukit ini, kami harus meninggalkan kartu identitas di pos penjagaan. Ya, lokasi ini adalah  bekas basis markas sang Jenderal asal Australia yang disulap menjadi Kompleks Militer Resimen Kodam Cendrawasih.
Namun Sayang, semua potensi wisata di sini belum tergarap maksimal dan masih terkesan ala kadarnya. Bahkan pesona Danau Sentani ramai dikunjungi saat event besar saja. Selebihnya hanya menjadi  tempat memancing, latihan para atlet kano dan jet sky saja.

Hongkong-nya Indonesia
Ciri khas daerah yang  berbukit - bukit dengan jalan berliku kami temui sepanjang jalan menuju Abepura, Entrop hingga kota Jayapura. Perjalanan memakan waktu sekitar satu jam menuju kota pelabuhan paling sibuk di Papua. Letaknya di pantai timur laut berbatasan langsung dengan Teluk Yos Sudarso yang ada di pinggir Samudera Pasifik.
Kota yang paling modern dan makmur di Papua ini menjadi salah satu tujuan dagang yang terkenal karena melayani sebagian besar kapal yang berhubungan dengan pelabuhan sentral di pulau Papua ini.
”Selamat datang di Port Numbay,” kata Robert, pemandu kami. Ya, nama Jayapura memang berganti menjadi Port Numbay dua tahun lalu. Kota ini memang berganti nama hingga enam kali dalam kurun waktu seabad terakhir ini. 

Buku ”Ein Gouden Jibeleum 50 yaar Hollandia, van 7 Mart 1910 tot 7 Mart 1960” yang diterbitkan untuk memperingati 50 tahun pendudukan Belanda di kota ini mengisahkan pergantian nama Numbay menjadi Hollandia (daerah yang berbukit-bukit dan berteluk) oleh kapten infanteri FJP Sachse yang ditandai dengan pengibaran bendera tiga warna milik Belanda  di Numbay (1910). Namun, nama itu diganti menjadi "kota baru"(1963), ketika bergabung dengan NKRI. Berganti lagi menjadi Sukarnopura (1969) dan sejak tahun 1975 diubah menjadi Jayapura (kota kemenangan).
Kota ini sungguh indah dengan berbagai sudut pemandangan yang berbeda-beda, mulai dari perbukitan, danau hingga pantai. Tapi ada satu tempat yang paling cocok dan selalu disinggahi wisatawan yang datang ke kota ini untuk melihat Jayapura dengan utuh. 

Pemandu kami mengajak ke Bukit Polimak. Sekali lagi, kami harus mencari lokasi di bukit paling tinggi di tengah Kota Jayapura yang berada seperti di balik tebing ini. Tapi tidak perlu khawatir, meski jalan cukup berliku puncak, Bukit Polimak tetap bisa diakses dengan menggunakan kendaraan. Bukit ini juga seringkali disebut bukit pemancar karena memang di bukit ini semua menara pemancar televisi berdiri kokoh.
Di atas ketinggian ini, saya tak hanya disuguhi bagian kota yang berada di tepi pantai. Tapi juga hamparan Samudra Pasifik biru, jernih, dan seolah tak berombak. Kota dengan topografi berbukit-bukit nampak seperti tapal kuda, dengan kedua sisinya yang berada di ketinggian. Di antara celah pegunungan yang menghadap ke arah Teluk Yos Sudarso dan Teluk Yotefa.

 Panorama Port Numbay secara utuh bisa terlihat dari sisi kiri. Dan ketika memalingkan muka ke kanan, Samudra Pasifik berada di depan mata. Di tempat ini juga mempunyai penanda berlampu  ala bukit Hollywood bertuliskan “Jayapura City” yang menyala di malam hari dan bisa dilihat dari segala penjuru.

Tak hanya siang hari, kota Jayapura juga memesona di waktu malam ketika disiram cahaya lampu. Semua bisa dinikmati ditempat ini. Teluk Yos Sudarso tampak berkilau oleh lampu-lampu dari kapal yang sedang bersandar, bangunan yang mengitari bibir pantai sepanjang Teluk, lampu jalan, kendaraan yang lalu-lalang. ”Kota kami juga mendapat julukan  Hongkong-nya Indonesia,” imbuh Robert.

Memang, jika menuruni bukit dan melihat dari dekat salah satu ikon kota Jayapura berada di pantai Dok II, pantai yang berhadapan dengan pusat pemerintahan propinsi Papua tidah hanya menjadi jalur padat pelayaran kapal besar, tapi juga ruang publik favorit wisatawan dan masyarakat setempat menghabiskan waktunya.

Dari tempat ini juga bisa melihat dengan jelas dua pulau mungil di seberang teluk yang menjadi lambang kerukunan umat beragama kota ini. Salib Kristus berdiri tegak di pulau paling dekat ke pantai dan satu pulau lagi dihuni umat Muslim.

Oh ya, Kota ini juga bisa dinikmati dari Bhayangkara (Dok V), Angkasa (sepanjang jalan), pantai Base G, pantai Hamadi, pelabuhan danau ( Dok VIII), atau pelabuhan danau Yotefa ( pasar baru Abe).
Rupanya masih banyak tempat menarik dan eksotis lain yang harus  dikunjungi dan dinikmati. Benar kata Edo Kondologit dalam lirik lagunya kalau Papua itu memang seperti ”Surga kecil yang jatuh ke bumi”.

Tapi jarum jam terus berputar dan kami harus bergegas kembali ke Sentani sebelum jalur utama dari Abepura-Sentani sepi. Maklum, dua hari sebelum saya datang ke kota ini terjadi insiden penembakan dan pembakaran mobil di jalur tersebut. Suhu politik yang memanas mengharuskan kami berhati-hati.

Tidak ada komentar: