Pages

Senin, 03 Oktober 2016

Kiai Budi dan Romo Budi: 'Perbedaan justru memperkaya kita'

Bertemu 12 tahun lalu, Kiai Budi dan Romo Budi di Semarang cepat akrab dan menjadi sahabat. Perbedaan, kata mereka, tak menjadi penghalang tetapi sebuah resep agar hidup 'semakin kaya.'
Hari raya Idul Fitri menjadi hari spesial bagi Aloysius Budi Purnomo, yang biasa dikenal dengan nama Romo Budi.
Walau beragama Katolik, dia selalu menyempatkan diri berkunjung ke Pondok Pesantren Al-Ishlah, Semarang, untuk bertemu sahabatnya, Amin Maulana Budi Harjono atau akrab disapa Kiai Budi.
Sejak bertemu 12 tahun lalu, Romo Budi dan Kiai Budi hingga kini terus bersahabat.
Gereja Ismail di Alor dibangun atas inisiatif warga Muslim
Ketika perempuan berkerudung Muslim dan Kristiani menyerukan persahabatan dan toleransi
Mayoritas siswa SMA negeri 'toleran tapi ada potensi radikal'
"Saya memandang orang lain bukan selubung labelnya, tapi hatinya karena Tuhan bersemayam di hati manusia. Gereja dan masjid itu sarana, karena itu memanusiakan manusia itu bagian dari misi agama yang hakiki,” kata Kiai Budi.

'Memperkaya'
Tak cuma saat Lebaran dua Budi ini bertemu. Ketika Kiai Budi mengunduh mantu salah satu santrinya, kedatangan Romo Budi tak sekadar tamu, tapi didapuk memberi doa dan petuah pernikahan bagi kedua mempelai yang sungkem.
"Saya dianggap orang tua dan saya satu-satunya Katolik di situ dan seorang Romo. Jadwalnya nggak cocok pun dicocok-cocokkan supaya bisa ketemu. Apalagi pada saat kangen ngobrol atau sekadar bermain gitar di pondok," ujar Romo Budi.
Juga ketika salah satunya berulang tahun, atau ketika Kiai Budi dan para santrinya diundang ke gereja.
"(Dia) langsung bersedia ketika diminta mempersembahkan tarian mengiringi kepergian Uskup Agung Semarang yang meninggal tahun lalu. Apa yang dilakukan itu lebih dalam dari toleransi. Saya sangat dimuliakan dengan tindakan kasih dan tidak berpikir bahwa imamat saya direndahkan."
Bagi keduanya, ini adalah tindakan sederhana diyakini bisa membawa pesan damai dan kerukunan.
"Kendati berbeda, talenta (Kiai Budi) untuk membangun persaudaraan dengan perspektif positif sangat luar biasa. Perbedaan itu justru memperkaya kita," ujar Romo yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi Hubungan Antaragama Keuskupan Agung Semarang (KAS).

Ketika tarian sufi dibawa ke gereja
Tapi kegiatan antar agama yang mereka lakukan kadang mendatangkan kontroversi, misalnya ketika Kiai Budi membawa tarian sufi ke gereja.
“Sufi diasumsikan Islam dan ketika dibawa ke gereja jangan dikira tanpa masalah. Tarian dihentikan dengan alasan aneh dan menyalahi aturan karena tidak sesuai dengan sunah Rasul. Konflik itu muncul karena kurang memahami,” jelas Kiai Budi.
Tarian Sufi digunakan oleh Kiai Budi dalam beberapa tahun terakhir di berbagai kesempatan sebagai pesan persaudaraan dan ungkapan iman sekaligus cinta pada kepada Tuhan.
Romo Budi mengakui bahwa pro-kontra semacam ini pasti terjadi, tetapi itu tidak menyurutkan langkah mereka mempromosikan perdamaian melalui dialog dan perjumpaan antar umat.
“Saya semakin menjadi Katolik dalam perjumpaan dengan beliau sebagai seorang Kiai," katanya.
"Kami bisa menerima tanpa curiga ketika Bu Sinta Wahid datang ingin berbuka puasa di gereja. Tidak perlu curiga saya di-Islam-kan, dan (takut) jika tausiyahnya akan membuat umat lain kepincut."
Dan sebagai imam, Romo Budi menganggap bahwa tugasnya tidak hanya pelayanan sakramental di altar tapi juga bergerak di 'semak belukar', di seluruh segmen kehidupan untuk mewujudkan persaudaraan dan perdamaian.
“Kami ingin menjadi kaum berjubah yang berjiwa inklusif dan pluralis, maksudnya kaum berjubah yang merangkul siapa saja dalam semangat keberagaman," kata Romo.
“Makanya saya sering menyebut bahwa kamu adalah aku. Dan aku adalah kamu yang lain,” tandas Kiai Budi. 

Dimuat di BBC Indonesia di rubrik trensosial

http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2016/07/160708_trensosial_budi

Tidak ada komentar: