Pages

Minggu, 07 Agustus 2016

The Ling Sing, Kiai Peranakan Tionghoa-Arab : Jejak Sumir Guru Para Ulama Tanah Jawa (1)

Nama dua ulama ini memang tak setenar Sunan Kudus. Tapi ia tercatat punya pengaruh yang cukup besar dalam syiar Islam. Siapa kedua ulama itu?

Dua nama ulama ini memang tak setenar Sunan Kudus. Namanya The Ling Sing atau akrab disebut Kiai Telingsing dan Kiai Sholeh Darat. Keduanya hidup terpisah. Kiai Telingsing ada di Kudus dan Kiai Sholeh di Semarang. Namun, meski tak setenar Sunan Kudus jejak syiarnya masih bisa kita jumpai di kedua kota itu.

Seperti apa kiprah mereka dalam penyebaran agama Islam di Jawa? Tak banyak yang tahu. Karena itu, tak mudah untuk menelusuri jejak-jejak mereka. Dari yang tak banyak itu, jejak mereka bisa dijumpai pada makam dan masjid Kiai Telingsing di Kudus, dan makam Kiai Sholeh Darat di Semarang, termasuk keluarga keturunannya.

Kami pun mencoba menelusuri jejak kedua ulama itu.

***

Jalan utama yang membujur dari timur ke barat di sisi selatan Menara Kudus itu jadi petunjuk yang memudahkan saya mencari jejak The Ling Sing, ulama besar di Kudus pada abad ke-15 yang lebih dikenal dengan sebutan Kiai Telingsing. Tetengernya berupa makam di tengah perkampungan padat di Desa Sunggingan, Kecamatan Kota Kudus. Makam tersebut berada di sekitar 500 meter dari makam Sunan Kudus.

Kampung ini bisa dilalui dari Gang KH Noorhadi, sebuah gang sempit di Jalan Kiai Telingsing. Meski tak ada penanda, keberadaan makam ini familiar bagi warga Kudus. Termasuk Ayup, bocah berumur sembilan tahun yang dengan sukarela memandu saya.

"Arah sana, Bu," ujar bocah berbadan subur ini mengarahkan telunjuknya dan mengayuh pelan pedal sepeda di jalan sempit berkelok. Jalan itu hanya cukup untuk satu kendaraan beroda empat.

Lima menit berselang, Ayup menunjuk sebuah bangunan tembok modern bernuansa putih dengan papan hijau menggantung bertuliskan "Makam Kiai Telingsing Sunggingan Kudus".

Di dalam bangunan ada tiga makam. Dua di antaranya diyakini sebagai makam putera Kiai Telingsing. Makam Kiai Telingsing berada terpisah, tepatnya di dalam ruangan terkunci bersama makam yang dipercaya sebagai makam cantrik sang kiai. Pemakamannya dikelilingi penutup kain putih dan hanya dibuka ketika ada peziarah.

Persis di depan makam, terdapat lapangan bulu tangkis dan area pemakaman yang tidak lagi berfungsi. Pohon langka yang dikenal sebagai bendo (Artocarpus elasticus) kukuh berdiri tepat di belakang bangunan makam. Konon pohon itu sudah ada semasa hidup Kiai Telingsing. Meski tampak sepi, bangunan tampak bersih dan terawat.

Sebenarnya, bangunan asli makam Kiai Telingsing terbuat dari batu bata merah kuno berukuran besar dengan sistem gosok tanpa perekat. Itu mirip dengan material di Masjid Menara Kudus. Kondisinya juga tak terurus. Baru pada 1997 pemerintah Kabupaten Kudus merenovasi dan menyulapnya menjadi bangunan baru dengan menyisakan tembok lama di bagian atas pondasi.

Jejak lain sang kiai yang bisa dijumpai adalah masjid Kiai Telingsing yang berjarak sekitar 50 meter dari kompleks makam. Masjid yang diyakini sebagai tempat syiar agama untuk orang-orang yang nyantri pada Kiai Telingsing. Hanya saja, bangunan masjid itu tampak modern, jauh dari kesan kuno.
Makam Kiai Telingsing / noni arnee
Benarkah itu peninggalan Kiai Telingsing?
"Dulu bangunnaya dari kayu jati berbentuk panggung. Ada teras yang luas. Bentuknya beda dari ini," ujar H Munawir, juru kunci makam Kiai Telingsing sambil menunjuk bangunan masjid.

Di depan masjid, ada bangunan berbentuk Joglo Pencu, ciri arsitektural rumah di Kudus. Konon di situlah tempat tinggal Kiai Telingsing. "Yang masih saya ingat adalah ukiran penyangga tumpang sari yang terbuat dari kayu jati," ujar Munawir.

Wasilah Telingsing
Seperti makam Sunan Kudus, makam Kiai Telingsing juga menjadi tempat perziarahan. Hampir setiap hari ada yang datang berziarah, terutama pada malam Jumat.

Tak hanya warga sekitar, peziarah datang dari banyak tempat seperti Jakarta, Semarang, Surabaya, Pati, Weleri, dan Kendal. Masyarakat keturunan Tionghoa juga kerap datang, baik yang beragama Islam maupun nonmuslim. ''Mereka datang dari mana-mana. Ada yang Konghucu dan Budha, datang ke sini," kata Munawir.

Ya, makam Kiai Telingsing dijadikan sebagai perantara doa para peziarah. Tujuannya beragam seperti ingin lancar berusaha. Di kalangan peziarah, bahkan ada yang yakin mencari kesembuhan penyakit dengan datang dan berdoa di makam tersebut.

"Ada peziarah mengaku mendapat pesan lewat mimpi untuk mengunjungi makam Telingsing. Setiap keinginan peziarah disampaikan kepada juru kunci dahulu, lalu berdoa," ujar Munawir menceritakan kisah-kisah peziarah. Namun Munawir selalu mengingatkan Kiai Telingsing itu hanya wasilah, perantara, karena semua berasal dari Gusti Allah.

Peranakan Tionghoa-Arab
Meski banyak warga yang rumahnya berimpitan dengan kompleks makam dan masjid, hampir tak ada yang bisa memberikan informasi mengenai kiai peranakan Tionghoa-Arab tersebut. "Ya, dulu itu ulamanya Kudus," ujar salah seorang warga yang tinggal di sekitar makam.

Cerita tentang Telingsing mengalir lewat sang juru kunci, Munawir. Lelaki ceking berusia 80-an ini adalah juru kunci keempat yang diberi amanat menjadi juru kunci makam Kiai Telingsing. Ia menjadi juru kunci sejak tahun 2000-an, menggantikan kakaknya (juru kunci ketiga) yang meninggal. Amanat untuk menjadi juru kunci itu datang dari para kiai sepuh seperti Kiai Ma'ruf Asnawi, Habib Lutfi (Pekalongan), Habib Ahmad (Tayu, Pati) dan tokoh Tionghoa dari Weleri, Kendal.

"Siapa lagi kalau bukan kamu? Yang cocok hanya kamu. Tapi harus selalu diingat, menjaga orang besar itu cobaannya juga besar," cerita Munawir menirukan pesan Kiai Ma'ruf Asnawi yang memintanya sebagai juru kunci.

Menurut Munawir, Kiai Telingsing merupakan salah satu sosok yang sangat berjasa dalam dakwah Islam di Kudus. Berbeda dengan Sunan Kudus yang menjadi tokoh atau pemimpin pemerintahan, Kiai Telingsing tak pernah berkaitan dengan kekuasaan.

Ia adalah ulama besar yang dipercaya masyarakat lokal merupakan guru dan penasihat dari Sunan Kudus. "Sosoknya sederhana, tidak menyukai kekayaan dan kekuasaan. Yang penting syiar agama. Menurut saya, antara Kiai Telingsing dan Sunan Kudus, mereka saling ngangsu kawruh (saling belajar)."

Tapi kata sang juru kunci, Sunan Kudus punya rasa tawadlu (hormat) kepada Kiai Telingsing. Simbolisasinya ditandai melalui bisikan mimpi pada peziarah. "Peziarah yang datang ke makam Sunan Kudus dapat pesan melalui mimpi untuk datang ke sini. Banyak orang yang berziarah ke sini bercerita bahwa mereka bermimpi disuruh ziarah ke makam Kiai Telingsing."

Lalu siapa sebenarnya Kiai Telingsing itu?
Sayang, tak banyak catatan sejarah tentangnya. Kisahnya bergulir lewat cerita tutur yang turun-temurun. Konon, Kiai Telingsing memiliki nama asli The Ling Sing. Ia salah satu tokoh yang mensyiarkan Islam di Kota Kretek tersebut. Ayahnya, Sunan Sungging (keturunan Arab) adalah penyebar Islam di Yunan, Tiongkok Selatan dan menikahi perempuan setempat. Dari perkawinan tersebut, lahirlah The Ling Sing.

"Masyarakat Kudus menyebutnya Telingsing biar lebih mudah," ujarnya. Nama itu pula yang akrab di telinga masyarakat hingga saat ini.

Untuk meneruskan dakwah sang ayah, The Ling Sing berkelana hingga ke wilayah pesisir Jawa, tepatnya ke Tajug, nama wilayah sebelum Sunan Kudus mengganti menjadi Kudus. H.J. De Graaf dan T.H. Pigeaud dalam buku Kerajaan Islam Pertama di Jawa, mengumpulkan sejumlah catatan penuturan warga setempat bahwa Kiai Telingsing adalah orang Tiongkok beragama Islam yang menyebarkan Islam di wilayah Tajug, jauh sebelum kedatangan Ja'far Shodiq (Sunan Kudus) ke Kudus.

Tapi itu bukan satu-satunya cerita tutur. Banyak versi lain yang menceritakan ihwal kedatangan The Ling Sing ke tanah Jawa. "Kalau cerita digabung-gabungkan yang masuk akal, menurut saya ya cerita beliau keturunan Arab-Tionghoa dan datang sebelum Sunan Kudus," kata Munawir.

Kendi Tayyibah
Pada awal kiprah Kiai Telingsing, menyebarkan agama Islam itu tidak mudah karena berhadapan dengan masyarakat penganut Hindu. Namun dengan kegigihan dan kesabarannya, secara perlahan masyarakat dapat menerima ajaran agama Islam. Pada saat berdakwah, Telingsing bertemu dengan Sunan Kudus. Akhirnya, mereka pun berdakwah bersama-sama.

Kiai Telingsing mengabdikan dirinya secara total terhadap syiar Islam dan enggan terlibat dalam politik pemerintahan dan kekuasaan seperti Sunan Kudus. Dalam menyebarkan agamanya, Telingsing tidak melakukan perubahan frontal untuk mengubah dominasi Hindu. Untuk mendekati masyarakat yang jadi sasaran dakwahnya, dia memberdayakan kemampuannya sebagai ahli perkayuan.

Selain menjadi mubalig dan pedagang, peranakan Arab Tiongkok ini juga seorang pelukis terkenal yang menguasai seni lukis peninggalan Dinasti Sung dari Tiongkok. Itu sebabnya dalam setiap kisah mengenai Kiai Telingsing, seni ukir sering dikaitkan dengan dirinya.

Bagaimana ceritanya? Kisah tentang seni ukir itu bermula dari cerita tentang sebuah kendi yang akan dihadiahkan kepada penguasa. Seseorang meminta Kiai Telingsing mengukir atau menyungging pada sebuah kendi. Perintah itu tidak dipenuhi hingga sang penguasa marah. "Kendi dibanting tapi ada kejadian aneh, bagian dalam pecahan itu ada ukiran kalimah tayyibah, dua kalimat syahadat yang indah," ujar Munawir.

Sungging (ukiran) tersebut pun membuat semua orang terpesona karena halus dan kerumitan detailnya. Dari kata sungging itu nama Kampung Sunggingan berasal, daerah yang dahulunya diperkirakan sebagai tempat tinggal para pengukir dan pemahat didikan Kiai Telingsing yang mempraktikkan aliran seni ukir Sun Ging yang terkenal halus dan indah.

Begitulah sosok Kiai Telingsing dipandang masyarakat sebagai cikal bakal pengukir. Tak heran di antara para ziarah adalah para pengukir dari Kudus dan Jepara. Ada juga peziarah yang menganggap Kiai Telingsing dapat memberi berkah kemampuan mengukir. "Kalau ziarah, ada yang sangat berharap mendapat warisan tatah atau alat untuk mengukir dari Kyai Telingsing," ujar Munawir.

Ukiran Joglo Pencu
Nama The Ling Sing tidak tercatat dalam inskripsi apa pun. Seperti sudah disebutkan, semua informasi berasal dari cerita tutur turun-temurun yang hingga kini masih diyakini kebenarannya.

Eros Rosidi, pengurus Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Cabang Kudus mengatakan, kajian tentang Kiai Telingsing masih sangat minim karena jejaknya sulit ditemukan. "Tidak ada manuskrip. Yang ada hanya cerita lisan turun-temurun yang menjelaskan cara berdakwahnya," katanya.

Dakwahnya, kata dia, tidak hanya dengan mengaji saja tapi juga melalui pengembangan gebyog dan seni ukir. Sama halnya dengan Sunan Kudus yang mitosnya selalu dikaitkan dengan perkembangan industri rokok kretek di Kudus.

Ya, Kudus memang dikenal sebagai kota kuno yang kaya akan peninggalan kuno baik dari kebudayaan Hindu maupun Islam yang tersebar hampir merata di wilayah Kudus. Salah satunya rumah adat Kudus Joglo Pencu (joglo dengan ujung mengerucut).

Nur Said, dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus dalam buku Tradisi Pendidikan Karakter dalam Keluarga (Tafsir Sosial Rumah Adat Kudus) menyebutkan, meski kini akulturasi budaya antara Islam, Hindu, Tiongkok, dan Eropa tampak sangat kental, namun secara historis, keistimewaan rumah adat Kudus Joglo Pencu tak lepas dari peran The Ling Shing. Dan memang, seni ukirnya mewarnai corak ukiran yang sarat makna religius, etis, dan estetis pada Jonglo Pencu. Motif-motif inilah yang ditonjolkan dalam pahatan The Ling Sing.

"Motif gebyog juga pengaruh dari Timur Tengah. Dalam khazanah seni Islam di Arab sering dibuat dengan arabesk yang berwujud dari abstraksi dari bentuk-bentuk tanaman menjalar, geometrik, dan kaligrafi dalam rangkaian jalinan yang ritmis, saling menyambung tanpa henti sebagai simbol ikatan kasih sayang (mawaddah-warahmah) sesama manusia," ujar Nur Said.

Motif sulur-suluran tanaman melambangkan kesuburan. Hiasan ukir geometri berupa pertalian garis yang tidak berpangkal dan tidak berujung. Motif pertalian garis tak berpangkal dan tak berujung itu dimaknakan bahwa Allah menurut ajaran Islam mempunyai sifat tidak berawal dan tidak berakhir. Motif bunga melati melambangkan kehadiran agama Islam. Sedangkan motif kelopak daun yang jumlahnya lima mencerminkan seseorang yang melakukan takbir (mengangkat tangan) dalam salat.

Ragam ukir lainnya adalah unsur mitologi tanah Tiongkok seperti karakter Burung Phoenix dan Naga Timur yang pada abad pertengahan juga digunakan untuk melambangkan kekuatan dan kebaikan. Ragam hias berupa tetumbuhan juga dapat dijumpai berupa motif nanasan, motif hias buah nanas yang menggantung di bawah dado peksi atau pertengahan balok blandar ruang Jogosatru (di depan pintu masuk gedongan). Motif ini diserap dari dua suku kata Bahasa Arab "ana" (saya) dan "nas" (manusia), yang menyimbolkan kesadaran bahwa manusia memiliki keterbatasan meski punya derajat tinggi.

Hal serupa juga dijelaskan Johana Theresia dari Program Studi Desain Interior, Universitas Kristen Petra dalam Tata Ruang Dalam Rumah Adat Kudus. Dia menyebut motif-motif yang diukir adalah bentuk tanaman, daun, dan bunga.
Ukiran motif naga di rumah Joglo Pencu / noni arnee

Motif mitologi tanah Tiongkok / noni arnee
Melestarikan Tradisi
Meskipun Kiai Telingsing tidak sepopuler Sunan Kudus maupun Sunan Muria, kharisma Kiai Telingsing tetap menyedot perhatian masyarakat. Ini terbukti dengan sejumlah tradisi yang hingga kini masih terus dilestarikan di kompleks masjid dan makam Kiai Telingsing.

Semisal haul atau prosesi penggantian kelambu atau luwur makam Kiai Telingsing pada setiap tanggal 15 bulan Sura (Muharam). Dalam ritual tersebut, panitia biasanya membagikan nasi berkat yang dibungkus keranjang dan potongan luwur secara gratis. Luwur inilah yang menjadi magnet masyarakat datang menyaksikan upacara tersebut.

Yayasan Masjid dan Makam Kiai Telingsing juga menyelengarakan tradisi pembagian nasi berkat berbungkus daun jati dengan daging kerbau atau kambing yang dimasak pada upacara haul di Masjid Kiai Telingsing.

Bahkan pada hari Kamis terakhir menjelang puasa, juga digelar upacara Sedekah Kubur Sego Rasulan dan Kue Apem Kiai Telingsing. Inti dari upacara ini adalah memohon maaf kepada para leluhur yang disimbolkan dengan kue apem. Konon, kata apem berasal dari bahasa Arab "afuwwun" yang artinya pengampunan. Adapun Sega Rasulan adalah nasi gurih beserta lauk pauk dan ingkung.

Semua ritual itu menegaskan bahwa kearifan lokal untuk menjaga semangat dan kiprah Kiai Telingsing dalam penyebaran Islam. Meskipun tanpa inskripsi atau manuskrip tentang dirinya, tapi makam, masjid, nama jalan, dan warisan tradisi seni ukir kayu masih ada hingga kini, jejak sang kiai tak bisa begitu saja diabaikan.

Artikel ini dimuat di beritagar.id / 18 Juni 2016

link : https://beritagar.id/artikel/laporan-khas/jejak-sumir-guru-para-ulama-tanah-jawa

Tidak ada komentar: