Pages

Rabu, 03 Oktober 2012

Mumi dari Kampung Kurulu



Setelah menempuh perjalanan sekitar 30 kilometer dari Kota Wamena, kendaraan dobel gardan jenis Hillux yang saya tumpangi bersama rombongan akhirnya berhenti di tempat parkir beraspal.
Beberapa meter dari pintu gerbang perkampungan di Desa Yiwika, Distrik Kurulu, Wamena.

Ini kampung wisata di Wamena. Satu dari beberapa perkampungan yang dihuni Suku Dani tradisional yang mendiami Lembah Baliem, Pegunungan Papua Tengah.
“Keaslian“ mereka ini terlihat dari pakaian adat lengkap yang dikenakan. Para lelaki memakai koteka lengkap dengan pernakpernik kalung batu-batuan, kerang, dan aksesoris dari bulu unggas, tulang dan taring babi hutan yang menghiasi tubuhnya. Sedangkan perempuan mengenakan Sali (kulit kayu) yang menutupi bagian pinggang ke bawah. Bagian atas tubuhnya dibiarkan terbuka. Tak lupa noken (tas dari akar) yang terlilit dikepala.

honai

Penduduk asli
Mas Dewanto mengucapkan salam kepada beberapa orang dan langsung memasuki pintu gerbang kampung.
“Kami nego dulu dan jangan mengeluarkan kamera,“ jelas pemandu kami itu.
Maksudnya, kami harus menunggu deal negosiasinya dengan kepala suku untuk menentukan tarif sehingga kami bisa masuk, melihat dan memotret aktivitas para native.

Selain memamerkan kesederhanaan dan keunikan budaya suku pedalaman, Kampung Kurulu juga mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal dan manca yang datang ke Wamena, yakni mumi (mayat yang diawetkan) leluhur yang konon usianya ratusan tahun. Semula saya berpikir harus ke negeri di ujung utara benua Afrika untuk menyaksikan mumi. Ternyata, di Wamena juga ada.
Itulah mengapa kampung wisata ini juga disebut dengan kampung mumi.

Memang, di sini mempunyai aturan yang harus dipatuhi para wisatawan. Apa itu? Di kampung mumi dilarang memotret sembarangan karena objeknya “mahal“ dan semua dikenakan“charge“. Karena itu ketika datang ke Kurulu, wisatawan harus siap dengan kantong tebal untuk membayar momentum langka mengabadikan suku pedalaman dan aktivitasnya ini.
Biasanya ketika datang berombongan, pemandu akan menegosiasi tarif paket dengan menghitung jumlah orang.

Pembicaraan “ongkos memotret“ kadang juga berjalan alot dan menegangkan jika ketua suku mematok tarif tinggi karena mengeluarkan mumi dari kotaknya untuk dipertontonkan. Sebenarnya, tidak ada tarif resmi di lokasi mumi Kampung Kurulu. Maksudnya tidak ada harga pasti untuk melihat mumi dan foto bersama atau per orang. Semua harga tergantung pada lobi.
Jadi, tidak bisa membayangkan berapa uang yang “melayang“ kalau kami memotret sembarangan.“Membayar Rp 350 ribu untuk mengeluarkan mumi dari Honai. Foto kelompok berisi 10 orang tarifnya Rp 20 ribu. Kalau ingin berfoto sendiri bersama mumi atau dengan penghuninya bayar Rp 10 ribu sekali jepret.“

Setelah harga disepakati, kami dipersilahkan memasuki pagar besar terbuat dari bambu dan kayu mengelilingi perkampungan yang konon hanya dibuka saat ada tamu datang. Pintu ini menjadi pemisah antara kehidupan di luar dan alami suku Dani. Kesan primitif sangat terasa,meski ada beberapa penghuninya yang berbaju dan bercelana.

Perkampungan ini dihuni 20 kepala keluarga, dengan delapan buah honai berjejer rapi berbentuk “U“. Beberapa lelaki di tengah ruang terbuka terlihat sedang membuat dan membakar koteka, serta membakar ubi dengan bakar batu.
“Wah..wah..wah.“ ucapan beberapa dari mereka memberi salam dan berjabat tangan menandakan mereka senang dengan kehadiran kami.
Mumi yang diletakkan di dalam sebuah kotak kayu dan disimpan dalam pilamo, rumah adat khusus laki-laki dikeluarkan agar kami bisa menyaksikan langsung.
 
Menurut cerita warga setempat, mumi yang bernama Wim Motok Mabel ini adalah generasi ketujuh. Dulunya ia seorang kepala suku di Lembah Baliem yang ahli strategi. Wim Motok meninggal dalam usia tua dan memberi wasiat kepada keluarganya agar jasadnya tidak dibakar, tapi diawetkan agar bisa dilihat generasi berikutnya.

Kondisinya masih terawat. Karena itu, mumi Wim Motok Mabel, di Desa Yiwika, Distrik Kurulu, paling sering dikunjungi wisatawan dibanding mumi yang ada di Distrik Asologaima, dan Distrik Kurima Kabupaten Yahokimo. Meski diperkirakan berumur 360 tahun lebih dan dalam posisi jongkok, kepala, badan, dan kaki masih terlihat jelas. Aksesorisnya juga masih lengkap termasuk koteka yang dipakainya.

Wim Motok Mabel
Umurnya ini bisa dihitung dari kalung yang melingkar di lehernya yang diberikan setiap lima tahun sekali melalui upacara pemotongan babi yang lemaknya kemudian dioleskan ke seluruh tubuh mumi. Tapi tak semua jasad diperbolehkan dijadikan mumi. Hanya yang berjasa besar terhadap suku seperti kepala suku atau panglima perang yang secara adat diizinkan dijadikan mumi, seperti mumi Wim Motok Mabel. Itu juga yang menjadi alasan kenapa mumi selalu dihadirkan dalam setiap pesta. Kehadirannya dipercaya dapat mendatangkan kebahagiaan dan kesuburan.


old version

*** 
Tidak hanya menyaksikan dan berfoto dengan mumi, wisatawan juga bisa memborong suvenir asli hasil kerajinan tangan mereka yang dipajang di pojok halaman.
Seperti koteka berbagai jenis, noken, kalung, gelang, dan beragam kerajinan tangan lain. Kerajinan tangan ini harganya bervariasi. Mulai dari Rp 50 ribu hingga ratusan ribu rupiah. Harganya lebih mahal dibanding toko cenderamata yang ada di sebelah hotel Baliem Palimo tempat kami menginap.

Penghuni kampung Kurulu ini mengenal uang dengan baik. Bahkan mereka tidak menerima uang “kecil“. Itu sebabnya suvenirnya dihargai tinggi. “Uang receh tidak laku di sini,“ kata pemandu kami.
Tawar menawar harus dilakukan untuk mendapatkan suvenir yang diincar. Setelah sebuah noken seharga Rp 50 ribu terbayar, terdengar suara pemandu kami.
“Sudah habis waktunya, jangan memotret lagi,“ sambil memberi kode agar segera beranjak dari tempat ini. Rupanya kami tak bisa berlama di sana karena “sewanya“ telah habis.

belanja belanji..koteka, noken, gelang, bunga..apalagi yaaa..


Sekitar 15 menit perjalanan meninggalkan kampung mumi, di kiri jalan tampak sebuah bukit kecil dengan hamparan pasir putih nan eksotik menghiasi salah satu sisi jalan.
Pasir putih jauh lebih putih dan halus dari pasir yang ada di pantai dan berkilau bila tertimpa sinar matahari ini berada di gunung Pikhe Distrik Kurulu. Hamparan pasir putih ini biasa disebut Pasir Putih Tulem.
Cukup menarik dan unik mengingat pasirnya ini tidak berada di pantai tapi memenuhi pegunungan batu dan kaki gunung ditengah hijaunya dataran Papua.
Tidak ada yang tahu pasti dari mana munculnya pasir putih ini, meski ada spekulasi yang menyatakan bahwa kota Wamena dulunya adalah lautan yang mengering.


Pasir putih
Dari atas bukit itu, hamparan padang savana dapat terlihat jelas. Pasir putih ini tidak hanya mengingatkan Saya pada pada film Denias “Senandung di atas Awan“ yang mengambil tempat ini sebagai lokasi syuting. Tapi juga tragedi jatuhnya pesawat Avia Star dua tahun lalu yang menewaskan seluruh penumpangnya.
Bekas jejak hitam pesawat jatuh itu masih terlihat di atas bukit ini. 


Non

narsis

Senin, 01 Oktober 2012

Kedamaian Misterius di Ratu Boko

Petualangan sejarah bisa diawali dari ketidaksengajaan. Seperti yang dilakukan penyanyi kondang Trie Utami ketika melakukan pemotretan di sebuah situs purbakala dan merangkumnya dalam sebuah buku fotografi “Abhayagiri Keraton Ratu Boko-Matahariku Rembulan”

Buku  “based on” sejarah ini bercerita misteri dan pesona Candi Ratu Boko melalui penyajian prosa dan fotografi yang dikemas unik dan eksotis sehingga mampu menggugah rasa penasaran untuk mengulik sejarah situs purbakala yang berada di selatan Candi Prambanan ini.

Buku inilah yang menuntun Saya menuju perjalanan menikmati kesejukan dan keindahan senja di Ratu Boko, sebuah situs  bernilai sejarah tinggi di bukit Boko.

***
Meski tak setenar  Candi Borobudur atau Prambanan, situs Ratu Boko memiliki keunikan tersendiri. Tidak hanya pesona panorama dari ketinggian tapi juga arsitektur berbeda ditiap bangunan yang hingga kini menyimpan tanda tanya.

Situs  Ratu Boko terletak diatas bukit Boko, sekitar 18 kilometer timur Kota Yogyakarta diantara  desa Dawung dan Sambirejo. Lokasinya mudah dijangkau, hanya berjarak lebih kurang tiga kilometer arah selatan Candi Prambanan. Selain menggunakan kendaraan pribadi, paket wisata Prambanan Boko dengan fasilitas shuttle bus menjadi alternatif transportasi yang bisa dipilih menuju ke tempat ini. Atau  menggunakan ojek dari terminal Prambanan.

Suara rekaman dari pengeras suara bercerita tentang sejarah situs Ratu Boko menggema disekeliling membuat Saya tak sabar memasuki “kediaman” Rakai Panangkaran ini. Saya langsung membeli tiket seharga Rp 10 ribu. Berbeda ketika berkunjung di Candi Borobudur atau Prambanan, pengelola rupanya cukup jeli menangkap peluang dari wisatawan dengan mengenakan charge lima ribu rupiah untuk sebuah kamera yang saya bawa.

Dari petunjuk pintu masuk di samping batu berundak, Saya berjalan sepanjang 100 meter menuju bangunan.  Disisi kanan nampak lima ekor rusa tengah asyik merumput menjadi “among tamu” wisatawan memasuki gerbang utama.



Situs Ratu Boko terdiri atas beberapa kelompok bangunan yang  saat ini hanya berupa reruntuhan. Sepintas memang tidak menarik, tapi sebagai sebuah bangunan peninggalan, situs Ratu Boko memiliki keunikan dibanding peninggalan lain. Bukan candi atau kuil, sesuai namanya situs ini menunjukkan ciri-ciri sebagai tempat tinggal.

Situs diatas areal seluas 250ribu meter persegi  yang terletak diketingian 196 meter di atas permukaan laut terbagi menjadi empat, yaitu bagian tengah yang terdiri dari bangunan gapura utama, lapangan, Candi Pembakaran, kolam, batu berumpak, dan Paseban. Bagian tenggara meliputi Pendopo, Balai-Balai, tiga candi, kolam, dan kompleks Keputren. Sementara disisi timur terdapat kompleks gua, Stupa Budha, dan kolam. Sedangkan bagian barat hanya berupa perbukitan.

Dua buah gapura tinggi nan megah didepan Saya ini menjadi pintu gerbang utama. Gapura pertama memiliki tiga pintu gerbang yang saling berdekatan, bagian tengah yang besar berada diantara dua gerbang pengapit yang membujur dari utara ke selatan. Di gerbang ini terdapat tulisan 'Panabwara'. Berdasarkan prasasti Wanua Tengah III, ini adalah tulisan dari  Rakai Panabwara, (keturunan Rakai Panangkaran) yang mengambil alih istana untuk melegitimasi kekuatan. Sedangkan  gapura kedua yang berada di belakangnya memiliki lima pintu, sama seperti sebelumnya tapi diapit empat gerbang.

gapura utama


Menoleh kearah kanan, bangunan Candi Pembakaran nampak tengah direnovasi. Candi itu berbentuk bujur sangkar dan memiliki dua teras digunakan untuk pembakaran jenasah. Tak jauh dari situ terdapat sebuah batu berumpak dan sumur. Konon, sumur tersebut bernama Amerta Mantana (air suci yang diberikan mantra) diyakini masyarakat setempat  dapat membawa keberuntungan. Kini, airnya masih digunakan umat Hindu untuk Upacara Tawur agung karena dipercaya dapat mensucikan diri kembali dan mengembalikan harmoni bumi isinya. Kalau ingin melihat prosesi upacara pengambilan air ini biasanya pengunjung datang kesini sehari sebelum Nyepi. Sedangkan disebelah barat gerbang utama terdapat sebuah benteng yang terbuat dari batu kapur (Temple of Limestone).

Setelah puas berkeliling, penyusuran saya lanjutkan ke bagian kedua disisi tenggara. Disini  terdapat sisa peninggalan berupa Pendopo (Ruang Pertemuan) dengan panjang 20 meter yang dikelilingi pagar dengan tangga di tiga gerbang beratap disebelah utara, selatan, dan barat.

Mungkin saja dari sini Rakai Panangkaran memantau aktivitas permaisuri dan putrinya. Pasalnya, dari atas Pendopo ini, pemandangan komplek pemandian yang berada di sisi timur dapat terlihat jelas meski dikelilingi pagar tinggi.  Ada tiga kolam yang terpisahkan gerbang. Dua di antaranya memanjang dari utara sampai selatan, dan satu kolam lainnya terdiri dari delapan kolam bundar.

Di teras ini, juga terlihat sisa-sisa bangunan diantara reruntuhan gerbang dan landaian yang disebut Paseban (Ruang Resepsi) yang membujur dari utara ke selatan dan Keputren (tempat tinggal putri).
Sebenarnya, masih banyak sisa reruntuhan di Ratu Boko yang bisa ditelusuri. Seperti Gua disisi timur. Gua Wadon (Female Cave) dan Gua Lanang (Male Cave) yang didepannya terdapat sisa sebuah kolam dan temuan tiga stupa yang merupakan Aksobya, salah satu Pantheon Budha.



***
Sebagai sebuah peninggalan bersejarah, Ratu Boko meninggalkan banyak temuan. Keramik, artefak lima fragmen prasasti berhuruf Pranagari dan berbahasa Sansekerta, tiga prasasti berhuruf Jawa Kuno dalam bentuk Syair Sansekerta, Arca Hindu (Durga, Ganesha, Garuda, lingga, dan yoni), dan Buddha (tiga Dhyani Buddha yang belum selesai) serta prasasti Siwagraha yang menceritakan peperangan antara Raja Balaputradewa dan Rakai Pikatan.

Namun, begitu banyak dan beragamnya sisa kepingan sejarah ditempat ini masih sulit direkatkan hingga sekarang, karena tidak ada prasasti yang secara eksplisit menterjemahkan fungsi setiap bangunan. Persepsi dan temuan tetap membuat sejarah Boko sulit terpecahkan.

Beberapa temuan hanya mencatat Ratu Boko dibangun abad ke-8 Masehi. Ini berdasarkan prasasti Abhayagiri Vihara beraksara pranagari ditahun 746-784 Masehi yang menyebutkan bahwa Raja Tejapurnama Panangkarana, yang diperkirakan adalah Rakai Panangkaranlah (keturunan Wangsa Syailendra) yang membangun tempat ini. Menurut para pakar, Abhayagiri Vihara (berarti biara di bukit yang penuh kedamaian)  didirikan untuk tempat menyepi dan memfokuskan diri pada kehidupan spiritual.
Temuan ini mengingatkan Saya pada tulisan Trie Utami yang menuliskan pesona Abhayagiri atau bukit yang penuh kedamaian dan menyimpan kisah luhur yang di dalamnya tersembunyi sebuah kisah  Rakai Panangkaran yang mengajarkan "Boddhicitta", sebuah ajaran yang dibawa Atisha sampai ke Tibet dan masih diajarkan Dalai Lama kepada para bhiksu hingga kini. 

Meski periode berikutnya, Abhayagiri Vihara difungsikan sebagai Keraton Walaing oleh Rakai Walaing Pu Khumbayoni yang beragama Hindu. Tidak mengherankan bila unsur Hindu dan Budha bercampur di bangunan ini.

Arkeolog asal Belanda, HJ De Graaf yang menemukan Situs Ratu Boko pertama kali di abad ke-17. Van Boeckholtz menemukan kembali reruntuhan bangunan kuno ini tahun 1790 hingga  seratus tahun kemudian, FDK Bosch mengadakan penelitian dan mempublikasikan dalam tulisan berjudul Keraton Van Ratoe Boko
Kata keraton berasal dari kata Ke-Ratu-an yang artinya istana atau tempat tinggal raja, sedangkan Boko berarti bangau. Namun hal ini juga tak menjelaskan siapa sebenarnya raja Bangau, apakah penguasa pada zaman itu, atau ini merupakan  istana Ratu Boko, ayah Lara Jonggrang, atau nama burung dalam arti sebenarnya yang dahulu sering hinggap di kawasan perbukitan Ratu Boko? Entahlah…

Yang jelas, senja di bukit Boko yang dipadu Panorama Kota Yogyakarta dan Candi Prambanan ini tak kalah menakjubkan dengan cerita yang melingkupinya.

****



Momen Abadi dibalik Eksotika
Sore itu, sesosok perempuan bergaun ungu menapaki tangga berundak menuju Situs Ratu Boko. Tangan kanannya memegang buntut gaunnya yang menjuntai panjang. Sesekali ia melempar senyuman kepada laki-laki berjas hitam disampingnya. Sementara beberapa orang mengiringi dibelakang  dengan membawa peralatan fotografi dan baju ganti.

Tak lama kemudian dibagian tenggara Situs Ratu Boko, tepatnya di komplek Pemandian, sejoli itu tanpa canggung tengah beradu mesra didepan jepretan kamera sang fotografer dan pengarah gaya.
Rupanya mereka tengah melakukan sesi pemotretan untuk foto  Pre-wedding. Suasana old-fashion begitu kental terasa. “Saya suka karena pemandangannya bagus dan bangunannya unik, makanya kami ingin mengabadikan foto pre-wedding disini,” jelas mereka beralasan.

Meskipun kini tinggal reruntuhan, eksotika Situs Ratu Boko yang memberikan kesan special dan romantis mistis ternyata tidak hanya mengundang pesona untuk dinikmati, tapi juga diabadikan dalam momen tak terlupakan seperti yang dilakukan sepasang calon pengantin asal Yogyakarta itu.

pre-wed


Tidak hanya sesi pemotretan Pre-wedding saja, Objek Wisata Ratu Boko menyediakan berbagai fasilitas pendukung di  Plaza Andrawina.  Selain restoran, tempat ini juga multifungsi untuk berbagai kegiatan seperti gathering, ulangtahun, pesta pernikahan, malam keakraban, atau temu relasi. Panggung terbuka berkapasitas 500 orang ini juga berfungsi sebagai gardu pandang untuk menikmati panorama alam nan indah Kota Yogyakarta yang dibelah sungai Opak dan Candi Prambanan dengan gunung Merapi  sebagai latar belakangnya.

Pengelolaan objek wisata Situs Ratu Boko memang cukup diacungi jempol dengan menawarkan berbagai paket wisata edukasi kepada wisatawan. Diantaranya paket petualangan budaya dengan merasakan Boko Camping di bumi perkemahan terasering dan Boko Trekking dini hari untuk menyaksikan out standing views of silk sunrise di bukit Boko.
Sementara wisatawan yang berminat khusus pada arkeologi, pengelola juga menyediakan beberapa alternatif kegiatan berunsur edukasi seperti  paket Boko eskavasi (penggalian), restorasi (perbaikan) dan konservasi (perawatan).

Memang, gabungan pemandangan alam dan peninggalan masa lampau membuat Situs Ratu Boko layak masuk daftar tempat wisata yang patut dikunjungi.
(Non)



Rabu, 26 September 2012

Memutar Mesin Waktu Peradaban Jawa

Sepatu treking, tas punggung, jaket, dan buku panduan menuju masa lalu yang belum sempat terbaca menemani perjalanan saya. Sudah lama saya mengimpikan perjalanan yang mirip-mirip memasuki "mesin waktu", ke masa lalu.


Jadi, gerimis pagi pun bukan halangan buat saya mengikuti rombongan fieldtrip geo heritage “Jogja Riwayatmu Dulu“ untuk mengulik sejarah pulau Jawa yang digagas Fakultas Geologi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta dengan panitia Biennale XII.
Pukul 08.00, saya dan 20 orang dari berbagai kota meninggalkan pusat kota Yogyakarta dengan shuttle bus menuju Dusun Watuadeg, Desa Jogotirto Berbah, Sleman. Tepatnya, di bibir sungai Opak inilah pintu gerbang kami memulai petualangan ke masa 60 juta tahun lalu.


Prasetyadi, ketua rombongan, mengajak kami menyusuri Sungai Opak yang alirannya cukup deras karena hujan semalam. “Kita sudah berada di waktu sekitar 53-40 juta tahun yang lalu,” ucapnya.

Hah, secepat itu dan kami tak menyadari mesin waktu telah berputar. Sebelum kami terperangah ucapannya, doktor geologi dari UPN Veteran Yogyakarta itu meminta kami memperhatikan lokasi tempat kami berdiri. Bongkahan batu besar berwarna hitam mengilat di bibir sungai yang strukturnya menyerupai ban tal. Batu yang menjadi tumpuan kaki sejak tadi inilah yang membawa kami ke masa itu.

Ya, menurutnya, batuan yang kami injak itu sebenarnya merupakan lava cair bersuhu tinggi hasil erupsi gunung api yang membeku cepat karena air hingga membentuk gumpalan menyerupai bantal.

Lava bantal (pillow lava) yang tersingkap oleh gerusan aliran Sungai Opak tentu saja menjadi fenomena alam sangat menarik dan penting karena bukti ini menunjukkan proses awal pembentukan gunung api purba pertama di Jawa. Batuan seperti ini hanya bisa ditemui di beberapa tempat dibagian selatan Jawa, seperti Bayat (Klaten), Pacitan (Jatim), dan Jampang (Jabar). “Gunung api purba berada di bawah laut. Jadi yang kita injak ini dulunya dasar laut dan lava bantal berfungsi sebagai penopangnya,“ imbuhnya.

Lava Bantal

 Ia juga menunjukkan fenomena alam lain di depan kami. Bebatuan berlapis-lapis berwarna putih keabuabuan terang yang berada di sisi seberang sungai hasil endapan debu vulkanis dari erupsi gunung api strato (kerucut). Lapisan debu vulkanis yang sangat tebal ini menandai periode masa kejayaan gunung api purba 36 juta tahun lalu.


Hanya dengan berdiri selama 30 menit, kami menyaksikan dua fase pembentukan gunung api. Yakni fase keluar lava dan letusan debu vulkanik. Tapi jangan salah, meskipun batuan itu berdekatan, jeda peristiwanya mencapai ribuan tahun.


***
RASA penasaran kami untuk melihat kehebatan letusan gunung api purba pada saat itu ditunjukkan ketika Prasetyadi membawa kami ke daerah pertambangan di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan. Lokasinya tak jauh dari kompleks Candi Ijo.


Di tempat ini kami menyaksikan hamparan bukit bebatuan putih berlapis kehitaman karena cuaca. Ketinggiannya sekitar 60 meter. Puncak perbukitan ini mencapai 300 meter dengan ketebalan 250 meter. Di beberapa sisi nampak penambang tradisional melakukan aktivitas penambangan. Mereka ini masyarakat sekitar. Hamparan perbukitan ini adalah bekas tumbukan debu vulkanis erupsi super Semilir gunung api purba yang mahadahsyat sekitar 36-30 juta tahun lalu. Material, hamparan, dan ketebalan erupsi mencapai puluhan kilometer.


Meski nampak kokoh, batuan ini tidak seberat yang dibayangkan. Ringan sekali seperti batu apung dan mudah retak. Struktur batuan di bukit ini makin ke atas semakin halus dan berwarna kuning kecokelatan.
Tentu saja bukan sembarang bukit. Ini bukti episode katastropik atau merusak diri dari gunung api strato yang tadi diceritakan di lava bantal. Seperti karakteristik gunung api pada umumnya, gunung api strato Semilir tak kuat menahan tekanan magma yang semakin besar maka akan menghancurkan diri dengan cara erupsi.




Untuk membuktikan ketebalan endapan debu vulkanik hasil erupsi super Semilir ini, mesin waktu kami berpindah ke daerah Jurang Jero di perbatasan Klaten-Gunung Kidul untuk melihat fenomena yang sama seperti di perbukitan Sambirejo.

Batuan sisa-sisa Semilir super vulkano ini bisa dilihat sampai ke Jawa Timur. Jarak puluhan kilometer yang memisahkan dua tempat ini menajadi bukti kedahsyatan erupsi Semilir waktu itu tak kalah dengan Danau Toba 74 juta tahun lalu.


Bebatuan yang kami saksikan ini tentu saja hanya sedikit dari bekas kaldera Semilir. Menurut Prasetyadi, bentuknya mirip dengan Gunung Bromo yang memiliki batuan serupa dengan bentuk ring yang masih jelas. Namun, di mana posisi tepatnya gunung api purba waktu itu para geologis masih melacaknya karena yang bisa kita ketahui hanya hasil aktivitasnya berupa tumpukan debu vulkanis yang sangat tebal.


Jejak masa kejayaan gunung api purba juga kami temui di situs gunung api Nglanggran di kawasan Piyungan Yogyakarta. Tempat ini memang sudah dikenal sebagai objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Di lokasi ini terdapat batu dengan ukuran superbesar dan bukit menjulang tinggi berwarna kehitaman. Dalam istilah geologi, batu dan bukit yang disebut bomb atau aglomerat ini adalah lontaran lava hasil erupsi gunung api purba sekitar 36 juta tahun lalu. Situs Nglanggaran ini mempunyai peristiwa yang sama dengan letusan Gunung Rakata yang muncul dari kaldera Gunung Krakatau. 


***
SIKLUS alam yang berganti ternyata juga memengaruhi peradaban gunung api purba dan berganti dengan zaman baru tanpa gunung api. Untuk membuktikan teori itu, mesin waktu kami berputar lebih cepat ke masa 16 juta tahun lalu menuju kawasan Sambipitu Wonosari. 


Platform atau paparan berbentuk bentang alam lanskap di Wonosari dengan ketinggian hampir 300 di atas permukaan laut (dpl) ini merupakan bukti zaman keemasan kehidupan laut yang bersih seperti koral, terumbu karang, berbagai jenis fauna kecil, binatang laut, dan kerang-kerang kecil pada era itu. Bahkan jika dianalogikan, dahulu wilayah ini sama dengan Great Barrier Reef di lautan timur Australia. 


Kami menemukan singkapan geologis berupa batu gamping yang mengandung fosil terumbu dan berbagai jenis fauna kecil. Ini menunjukkan keberadaan daerah selatan Yogyakarta belasan juta tahun lalu merupakan dasar laut yang bersih. Terumbu hidup dengan baik di masa ini tanpa debu vulkanik yang menandai habisnya periode gunung api di era ini. Gunung api yang kami temui sebelumnya sudah tidak aktif lagi. Dan jika sekarang ini menjadi daratan Gunung Kidul karena karst formasi Wonosari terangkat ke atas oleh desakan lempeng Australia. 


Umur pulau Jawa yang masih terekam peneliti memiliki batuan tertua berusia 96 jtua tahun lalu. Dan kami diajak menguak lembaran-lembaran sejarah yang dulu merupakan gabungan dari dua lempeng benua yaitu mikrokontinen Jawa Timur dan paparan Sunda. 


Lantas, jika hasil erupsi super Semilir ini menjadi tulang punggung pulau Jawa, lalu di manakah pondasi Pulau Jawa? Meskipun tidak terkait dengan gunung api, bukti temuan ini juga sangat penting untuk menyatukan keping cerita pembentukan Pulau Jawa. 


Singkapan Geologis
Pertanyaan itu yang membuat mesin waktu kami kembali ke belakang lagi dan bergeser ke wilayah perbukitan terisolasi di perbukitan Jiwo. Tepatnya, dusun Gunung Gajah, Desa Watu Prau Jiwo Barat dan Dusun Sekar Bolo Jiwo Timur, Bayat, Klaten untuk melihat singkapan geologis melalui susunan batuan yang terbentuk sekitar 66 juta tahun lalu. 


Di kawasan tersebut ditemukan beberapa situs bebatuan yang mewakili suatu kejadian geologi ketika Pulau Jawa masih berupa daratan tanpa gunung api dengan sungai-sungai di tepi laut dangkal.
Itu misalnya ditemukan pada batuan sedimen konglomerat yang usianya lebih tua dari peristiwa gunung api purba dan batuan metamor yang menjadi penanda masa awal pembentukan Pulau Jawa yang berbentuk lembaran tipis seperti filet. Warnanya hitam dan mudah hancur. Letaknya persis di samping rumah salah seorang warga berupa gundukan tanah setinggi tiga meter baru terkepras. 




Salah seorang dari rombongan menguji dengan meneteskan asam klorida (HCL) di batuan hingga muncul buih untuk membuktikan bahwa itu batuan karbonet. ”Tempat ini adalah tempat wajib mahasiswa geologi dari berbagai universitas di Jawa karena tempat ini istimewa,” kata Prasetyadi. 


Ya, di kawasan ini, periode sejarah geologi Pulau Jawa bisa ditemukan jejaknya untuk dipelajari.
Tempat ini berdekatan sekali dengan tiga periode yang sudah disebutkan. Di sisi utara yang menjadi masa awal pembentukan Pulau Jawa yang ditandai dengan bebatuan tertua berumur 60 juta tahun lalu. Kemudian masa sebelum kejayaan gunung api purba dan perbukitan Pendul sisi selatan yang masuk kelompok Semilir menandai masa kejayaan gunung api purba. 


Sebuah cerita warisan geologi yang luar biasa komplet tentang perkembangan sejarah Jawa yang terjadi 60 juta tahun yang bisa dinikmati hanya dalam sehari tanpa mengalami jetleg ini tentu saja bisa mengajarkan kita untuk bijaksana dalam menyikapi ancaman geologi yang sedang terjadi. 


Dan siapa tahu geoheritage ini bisa dikemas menjadi wisata alternatif minat khusus yang potensial, sekaligus mengedukasi masyarakat bahwa proses alam yang utuh termasuk bencana kebumian di masa lampau tentu saja merupakan satu mata rantai yang tak terputus dari peristiwa geologi sekarang seperti terjadinya gampa dan letusan gunung berapi. Di luar itu, geoheritage sebenarnya adalah upaya mitigasi bencana.

(Non)

Menapak di batu tertua di Jawa



Kamis, 12 April 2012

Bertemu Kumbo di Schmutzer





” Wah, seperti di film Jurastic Park!” anak laki-laki disebelah saya menyipitkan matanya dari terik matahari sambil tengadah di pintu gerbang berbentuk kubah kuning keemasan yang menjulang tinggi dihadapannya.
Selain wahana dan koleksi primata, pintu gerbang yang mengingatkan pengunjung pada pintu gerbang taman jurastik di film garapan Steven Spielberg ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi pusat primata terbesar di dunia yang lokasinya menyatu dengan komplek  Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan. 

Pusat Primata Schmutzer bukanlah kebun binatang biasa, karena di tempat ini pengunjung dipastikan mendapat pengetahuan lengkap tentang primata di dunia termasuk gorila hitam Afrika yang notabenenya bukan primata asli Indonesia, tapi dipercaya pemeliharaannya di tempat ini  untuk ditangkarkan dan diteliti keberadaannya.

Karena itu, saya pun tak sabar memasuki gerbang besar dengan tangga berundak yang kiri kanannya penuh dengan pohon akar menjuntai yang dijaga patung gorila berukuran empat kali tubuh orang dewasa. Patung itu sangat mirip sekali dengan wujud gorila asli yang berada diantara panel-panel berisi informasi lengkap tentang primata dunia.

Tapi, beda ketika memasuki dan menyaksikan aneka satwa di Taman Margasatwa Ragunan alias kebun binatang Ragunan yang bebas membawa bekal makanan. Jangan harap bisa membawa tas ransel penuh makanan karena di sebelah loket pintu masuk ke Pusat Primata Schmutzer, terpampang jelas  tulisan besar berisi larangan membawa makanan, minuman, rokok dan korek api, tas berukuran besar, jaket, senjata api, senjata tajam, bahkan mainan anak sekalipun. Barang bawaan  harus di titipkan di loker yang tersedia dan dapat diambil kembali ketika keluar. Dan jangan pernah coba-coba nekad menyelipkan barang-barang larangan itu karena petugas khusus akan memeriksa satu persatu pengunjung yang masuk. Sebanyak  68 kamera pemantau juga tersebar di setiap sudut untuk melindungi satwa dari tangan jahil para pengunjung. 
Wajar saja, pemberlakukan keamanan yang cukup ketat ini bertujuan untuk menghindari ulah iseng pengunjung yang memberi makan binatang.  Lokasi ini juga sangat dijaga kebersihannya. Bahkan cukup banyak petugas yang bersliweran memperhatikan para pengunjung.

***
Ketika memasuki kubah raksasa itu, tubuh saya sesekali harus menyibak akar-akar yang menjuntai.  Tumbuhan akar yang ada di sekeliling dan tiap sudut bangunan utama seakan membawa saya seperti berada di hutan. Gorilla Walk sudah menanti saya didepan sana. Dinamakan demikian karena begitu memasuki gerbang, pengunjung akan menyusuri jembatan khusus di atas kandang gorila yang biasa disebut enklosur (kandang yang dibuat mirip  habitat asli binatang). Dari jembatan inilah saya  leluasa melihat aktivitas gorila dari ketinggian tanpa harus terbang ke Afrika..hehee

Tepatnya, cukup harus  membayar tiket masuk seharga lima  ribu rupiah untuk dewasa di luar tiket masuk Taman Margasatwa Ragunan seharga Rp 4.500 (plus asuransi). Saya dapat menjelajah tempat seluas 6,2 hektar  yang dibuka setiap hari, pukul 09.00-16.00WIB,

Di sepanjang jembatan ini juga tersedia kursi untuk melihat pemandangan ke bawah, beberapa ubin dari kuningan  berukiran wajah-wajah primata dan panel yang di pajang berderet foto aneka jenis spesies primata disertai keterangan tentang asal,  nama, habitat, makanan hingga status mereka yang sebagian besar terancam punah. Gorila-gorila yang ada di pusat primata ini juga dinamai seperti  Komu dan Kumbo.

Disini juga tertulis kepanjangan dari akronim GORILA, yang berisi trivia tentang Gorila,  yang menjelaskan bahwa gorila di Pusat Primata Schmutzer adalah jenis yang hidup di hutan dataran rendah di Afrika dan  sering disebut King Kong. Cirinya   berambut  keperakan (silver black) di punggungnya. Gorila merupakan salah satu kera terbesar di dunia yang habitatnya terancam hilang karena perburuan ilegal untuk dikonsumsi dagingnya, dan penyakit seperti Ebola.

***
Untuk melihat gorila dari jarak dekat, saya turun dari  Gorilla Walk, dan mendekati enklosur. Di kandang terbuka ini  terdapat empat gorila jantan yang  didatangkan dari Kebun Binatang Howlettes dan Port Lympne, Inggris.

Dan sepeminum teh  saya duduk di kursi taman disekitar enklosur yang sejuk, saya melihat benda hitam bergerak-gerak dan berjalan dengan kedua kaki dan tangannya. Tepat di depan saya Kumbo  berhenti dan duduk seperti sedang memperhatikan sesuatu. Saya sempat terperanggah karena bisa menyaksikan gorila seberat 200 kilogam lebih yang biasa hidup di hutan dataran rendah di Afrika dengan  jarak pandang 10 meter tanpa  harus masuk keluar hutan. Luar biasa..

Puas menyaksikan tingkah laku Kumbo dari enklosur gorila, saya berjalan mengelilingi kawasan ini. Ada beberapa kandang primata lain seperti Ungko, Owa Jawa, Wau-wau, Kera Hitam Sulawesi, Digo, Boti, Kelawat, dan Siamang. Kandang-kandang ini ada yang berupa kerangkeng besi, ada juga yang berupa kerangkeng besi dengan kaca. Enklosur Simpanse, primata tercerdas dikolam dengan ”pulau” ditengahnya. Kemudian terowongan Orangutan yang   mengelilingi enklosur Orangutan yang dapat dilihat dari balik kaca, hingga tembus ke jembatan kanopi dimana kita bisa berjalan di atas jembatan yang dipasang di atas pohon. Di tempat ini juga terdapat fasilitas lainnya seperti  jembatan cantilever dan playground.

Fasilitas untuk satwa di Pusat Primata Schmutzer yang awalnya dikelola The Gibbon Foundation, pimpinan Dr. Willie Smits ini memang dibuat se-alami mungkin seperti habitat aslinya dengan koleksi hewan primata sekitar 25 spesies dari lima famili  ordo primata di dunia yang berasal dari dalam dan luar negeri. Hampir semua primata yang terdapat di lokasi ini merupakan primata yang dilindungi dan  beberapa diantaranya merupakan hasil sitaan atau serahan dari masyarakat.

Saya tak perlu khawatir berada dan mengelilingi kawasan ini karena di banyak sudut di tempat ini tersedia kursi taman untuk istirahat. Suasanapun dijamin teduh dengan 84 jenis pepohonan yang ditanam di kawasan ini. Serasa di hutan tapi tetap nyaman. Jika haus saya cukup minum di pancuran air minum ”niagara” gratis yang tersedia di banyak titik. Tinggal pencet saja air minum seperti air mancur akan keluar otomatis dan saya tinggal menikmati kesegarannya. Namun sayang, ada beberapa fasilitas air minum ini tak bisa digunakan karena rusak.

Pusat primata ini tidak hanya mengoleksi hewan primata, tetapi juga berfungsi sebagai pusat pendidikan dan konservasi lingkungan hidup. Karena itu belum lengkap rasanya berkeliling jika tidak menyambangi museum dan gedung theater yang memutar film dokumenter tentang kehidupan primata. Lokasinya menyatu di sebelah kiri pintu gerbang kubah. Di sini dipamerkan berbagai miniatur primata lengkap dengan penjelasannya yang bisa menjadi wahana edukasi anak. Juga souvenir khas yang bisa dibeli seperti t-shirt bergambar gorila atau satwa lain dan mug.

Oh ya, seperti halnya manusia gorila disini juga makan sehari tiga kali. Jadi jika berkunjung pada jam memberi makan pada pukul 09.00, 12.00 dan pukul 15.00WIB pengunjung dapat menyaksikan petugas memberi makan primata ini di sekitaran enklosur.

Yang menarik, ditempat ini banyak sekali poster maupun karikatur ajakan dan  cermin besar bertuliskan, “ayo, jadi sahabat primata!”, yang berarti ajakan kepada diri kita ketika berdiri di atas cermin tersebut untuk berpartisipasi melestarikan hewan yang terancam punah ini.

--> Puck, Sang Bunda Primata

Kesederhanaan terpancar dari raut wajah bulat perempuan berambut putih belah tengah itu. Meski kanan kirinya diapit gorila dan orangutan, senyumnya nampak sumringah dengan bayi dalam gendongan. Bahkan dibalik rerimbunan pohon, sesekali ia terlihat  tengah mencium bayi orangutan berbulu coklat itu dengan kasih sayang.

Yang jelas perempuan itu bukan pawang gorila atau induk orangutan yang menjadi tontonan dan bagian dari atraksi, meski  ketika berada di Pusat Primata Schmutzer wajahnya nongol dibeberapa sudut areal Schmutzer dan museum. Perempuan yang tergambar dalam bentuk lukisan dan foto terpampang dalam berbagai ukuran  adalah nyonya Pauline. Siapa dia?

Ya, Pusat Primata Schmutzer ini memang tak bisa lepas dari perempuan bernama Pauline Adeline Antoinette Veersteegh. Ia adalah penggagas dan penyandang dana pembangunan pusat primata terbesar di dunia selain pusat primata yang ada di Leipzig, Jerman. Atas usaha dan tekadnya Pusat Primata Schmutzer berdiri megah di komplek Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan.

Puck Schmutzer , sapaan akrab perempuan kelahiran Wonorejo, Jawatengah ini selain punya jika seni yang tinggi dengan koleksi lukisannya, ia seorang penyayang binatang dan dermawan yang mempunyai kepedulian sangat besar pada kelestarian satwa liar yang hampir punah.

Istri pengusaha  Drs. IAM Ignace Schmutzer sering malah melintang keberbagai belahan dunia untuk misi sosial, pelestarian satwa dan lingkungan. Meski berkewarganegaraan Belanda karena dipersunting Schmutzer, tak menyurutkan keprihatinan dan kepeduliannya pada upaya konservasi terhadap primata yang terancam punah di tempat kelahirannya, Indonesia.

Melalui The Gibbon Foundation, Ia mewariskan seluruh harta warisannya untuk pembangunan dan pengelolaan Pusat Primata Schmutzer  yang diresmikan almarhum Presiden Soeharto tahun 2002 lalu dengan menghabiskan dana hingga Rp 44 miliar. Pengelolaannya kemudian  berpindah tangan ke Pemda DKI Jakarta. Puck kemudian mendapat julukan ibu primata.

Atas kecintaannya pada Indonesia, perempuan yang abu jenazahnya ditabur di atas jejak kaki harimau sumatera di kawasan Taman Nasional Berbak, Jambi ini berharap hibah yang diberikan dapat membantu masyarakat Indonesia untuk lebih menghargai dan peduli pada keindahan satwa liar Indonesia, khususnya satwa yang berada dalam ambang kepunahan seperti primata.

Sebuah gagasan besar dan mulia untuk pengembangan dan pelestarian primata yang berawal dari ingatan Puck akan sebuah petuah sederhana tapi luar biasa dari kedua orangtuanya. Ya, sebuah petuah yang juga diperuntukkan bagi kita untuk selalu menghargai dan mencintai semua ciptaan Tuhan, termasuk manusia dan satwa.
Noni Arnee


Rubrik Jalan-Jalan Harian Suara Merdeka



Ketika Wayang Asia Bertemu



Jendela Budaya 
Radio Deutsche Welle / Indonesian Programme
080411

Wayang bukan cuma tumbuh dan berkembang di pulau Jawa dan Bali. Tetapi juga di berbagai belahan dunia lain. Khususnya di kawasan Asia, yang memang secara kebudayaan cukup dekat satu sama lain, dan selama beratus tahun saling mempengaruhi. Hal ini mengemuka dengan jelas dalam Temu Wayang Asia yang diselenggarakan terpadau dengan festival wayang Indonesia ke-2, di Taman Budaya Yogyakarta. Pesta setiap tiga tahun sekali ini diselenggarakan Persatuan Pedalangan Indonesia Pepadi bersama Lembaga Sena Wangi.
Saya Nonie Arni, koresponden Anda di Jawa Tengah, berbagi cerita dalam Jendela Budaya kali ini.

Lakon Abimanyu Ranjab atau tewasnya Abimanyu dalam pakeliran padat selama 1 jam yang disajikan dalang muda asal Jawa Timur Ki Cahyo Kuntadi, begitu menghanyutkan penonton. Wajar saja kalau akhirnya Wayang Kulit Jawa Timuran ini memperoleh predikat penyaji  dan garap sabet atau permainan wayang terbaik.

Selain Abimanyu Ranjab dari Ki Cahyo Kuntadi, tampil 17 dalang dari seluruh Indonesia dengan 17 laokon yang berbeda. Juga dengan berbagai gaya, jenis, dan bahkan aliran wayang yang berbeda.
Gaya utama yang kali ini tampil antara lain Wayang Golek Sunda, Wayang Kulit Purwa Gaya Surakarta, Wayang Kulit Jawatimuran, Wayang Kulit Gaya Yogyakarta, dan Wayang Banjar.

Ketua panitia festival wayang, Ki Ageng Mas’ud Thoyib mengatakan, festival ini  selain untuk  memberi motivasi baru bagi  seniman pewayangan, juga   diupayakan untuk menumbuhkan apresiasi masyarakat lebih luas, khususnya generasi muda, terhadap seni budaya wayang.
“Setelah diakui dunia, maka pertama langkahnya adalah konsolidasi yang diwujudkan dalam bentuk festival yang disebut festival wayang Indonesia 2008. Tapi festival wayang itu sudah dilaksanakan 3 tahun lalu yang pada saat itu pesertanya 10, padahal PEPADI punya Komda di 24 propinsi. 18 mengirimkan berarti di daerah itu sudah tumbuh wayang-wayang itu sendiri. mewakili tingkat propinsi. Sangat dinamis dan tidak didominasi oleh Jawa. Tujuan akhir dengan adanya festival pasti akan lahir dalang baru. Ke depan akan sangat baik sekali potensinya”


Upaya Festival Wayang untuk menjangkau penonton lebih luas tampak dari pertunjukan-pertunjukan yang tidak dilangsungkan semalaman sebagaimana pertunjukan tradisional. Melainkan dengan pertunjukan padat yang berlangsung sekitar 1 jam. Setiap gharinya dalam festival ini ditampilkan lima pakeliran padat oleh lima peserta.

Wayang Indonesia saat ini mencapai lebih dari 50 jenis dan gaya,  yang terbedakan dalam hal bentuk, gaya dan teknik pertunjukan. Bentuk yang nyata terlihat bedanya, misalnya antara wayang kulit, wayang golek, wayang beber, wayang klitik,  bahkan juga wayang orang. Sebagian sudah tak lagi hidup dengan wajar, karena sudah tidak lagi disangga masyarakat pendukungnya. Seperti wayang beber atau wayang klitik.

Yang paling dominan adalah wayang kulit purwa, khususnya gaya Yogyakarta dan Surakarta. Dalam Festival Wayang, pakeliran gagrak wayang purwa begitu mendominasi. wayang gaya Surakarta lebih banyak dipilih peserta dari luar Jawa. Ada juga pakeliran wayang banjar khas Kalimantan Selatan yang disajikan Ki Syaputra.

Namun kata pemerhati wayang asal Yogyakarta, Sumari, festival akan lebih menarik jika jenis dan gaya wayang yang dipertontonkan lebih variatif. “Bagaimana festival ini mencakup berbagai jenis dan gaya  wayang di Indonesia. Tidak hanya wayang kulit gaya surakarta, yogyakarta, tapi mungkin gaya-gaya yang lain seperti wayang Palembang, gaya Banyumasan, gaya Betawi. Itu semua bisa pentas alangkah lebih bagus lagi”

Terlepas dari itu, Festival Wayang selalui dijubeli pengunjung. Dalam setiap pertunjukan, kursi di gedung pertunjukan berkapasitas seribu orang selalu dipadati penonton, siang dan malam. Mungkin kkarena pertunjukan juga digratiskan.

Di antara ribuan penonton terdapat Sartono warga Yogyakarta yang sore itu datang bersama istri dan Bagus anaknya yang berusia lima  tahun.“Pada dasarnya saya sebagai orang tua ingin megenalkan kebudayaan lokal kepada anak, tapi anehnya kejadian kemarin itu justru anak saya yang memberitahukan bahwa disini ada wayang, jadi hari ini saya menyempatkan melihat karena diajak anak saya. Anak saya bilang wah.. kasian ya bapak ga bisa lihat wayang padahal bapak suka wayang. Kemudian anak saya mengajak untuk menonton wayang.”


Festival Dalang disleenggarakan sesudah terhentinya Pesta Wayang yang biasanya diselengagrakan oleh pemerintah. Berbeda denan Pesta Wayang yang biasanya berlangsung di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Festival Wayang diselenggarakan secara berpindah-pindah. Upaya ini mendapat dukungan kuat dari para dalang dan seniman seni pewayangan. Seperti dikatakan Ki Cahyo Kuntadi dalang asal Jawa Timur. “Sangat luar biasa, saya sangat mendukung dan menorong adanya festival wayang tingkat nasional seperti ini, karena untuk memacu generasi-generasi penerus untuk mengiprahkan keahlian dan kemampuan dalam berkesenian terutama di wayang. Dengan cara begini temen-temen bisa berpikir oh.. kalau dengan festival seperti ini dengan kriteria seperti ini, nilainya gimana, bobotnya gimana.. lha ini tantangan, itu sangat positif.”


Yang menarik dari ajang ini juga adalah tampilnya peserta dari Papua. Tentu saja bukan wayang Purwa Papua. Melainkan wayang kulit purwa Jawa yang didhidupkan oleh pendatang Jawa di pulau paling timur itu. Ki Toto Handoko, dalang peserta dari Papua, menggambarkan:
“Untuk mengenalkan wayang disana biasanya kita pakai pegelaran padat juga tapi dialognya pakai bahasa Indonesia. Di sana kita mengenalkan anak-anak kadang kita memancing pagelaran pakai doorprize tiap triwulan. kalau frontal langsung susah. Biasanya ada hari-hari penting seperti 17an, satu syuro, tahun baru. Saya pribadi Ingin menciptakan wayang papua mengangkat cerita asli daerah sana tapi ya tetep pakai bahasa Indonesia karena sekitar 300 lebih bahasa disana dan sulit untuk mempelajari.”


Di Papua Ki Toto Handoko berusaha memperkenalkan wayang Jawa. Kendati dengan bahasa Indonesia. Namun di pulau Jawa sendiri, wayang tidak lagi berada di masa kejayaannya. Jumlah dalang jauh berkurang, seiring menurunnya jumlah penonton dan undangan manggung. Pertunjukan wayang kini lebih terbatas kesempatannya. Dan banyak yang harus menyertakan bumbu kesenian populer seperti dangdut, agar bisa tetap bertahan dalam kehidupan masyarakat. Sementara wayang yang murni sebagaimana pakemnya, lebih banyak ditampiulkan dalam acara kebudayaan yang khusus. Pengamat pewayangan Sumari menjelaskan,
“Satu sisi kita prihatin generasi muda kita khususnya diperkotaan itu semakin jauh dari wayang, itu kita akui.  Tapi kalau kita petakan di pedesaaan daerah-daerah tertentu seperti Jawa timur khususnya itu masih tinggi sekali. Ya ini tantangan bagi semua yang ngurusi wayang ini. Kendalanya banyak anak muda kita jauh dari wayang itu karena dari sisi bahasa mereka kurang paham. Kedua memang munculnya pesaing media lain seperti media elektronik.“


Kondisi yang sama dialami wayang lain di berbagai negara Asia. Sebagaimana terungkap dalam Temu Wayang Asia zang diikuti 13 negara.
.Kali ini sebagian peserta berasal dari Asia Tenggara. Namun wayang atau teater boneka dalam berbagai bentuknya, juga tersebar di hampir semua wilayah Asia
Sekretaris Jendral Asosiasi Wayang ASEAN, Tupuk Sutrisno mengatakan, dalam temu Wayang Asia itu para delegasi menyepakati beberapa hal.
“Melestarikan dan mengembangan wayang diseluruh sub region, itu antara lain tukar 
 menukar pagelaran, tukar menukar ahli untuk saling membantu agar wayang ini tumbuh. Ke dua adalah membuat dimasing-masing Negara itu sanggar wayang tradisional dan tidak membutuhkan banyak biaya. Disanggar itu akan dipelajari filosofi dari masing-masing wayang. Wayang Indonesia, Thailand, Myanmar dan sebagainya. Nantinya akan tumbuh kualitas dalang dan SDM  lainnya secara lebih meningkat kualitas nya.”

Dalam pertemuan tersebut juga digagas pembuatan buku Wayang ASEAN sebagai  referensi Wayang  di negara-negara ASEAN.

Terdesaknya seni tradional wayang oleh berbagai tradisi kesenian dan kebudayaan baru, juga diderita negara-negara Asia lain.  Di Thailand misalnya.  Ketua delegasi Thailand, Siriporn Theopipithporn menjelaskan, untuk bisa bertahan, seni wayang Thailand yang disebut ‘hun’, bahkan dikemas dalam bentuk mini konser yang lebih modern.

“Teater boneka tradisional Joe Louise, misalnya,  sangat terkenal nasional dan internasional. Bahkan mendapatkan  2 penghargaan best performance dalam festival teater boneka internasional di Praha pada tahun 2006 dan tahun ini. Tahun depan berencana ikut festival di Prancis. Pada dasarnya teater boneka tradisional di dunia punya masalah yang sama dalam hal penyajian dan bagaimana mempertahankan.”


Teater boneka tradisional Thailand dari kelompok Joe Louise bisa terus bertahan, karena mereka berkompromi dengan kebudayaan dan kenyataan baru dan modern. Kini mereka berencana membuat sekolah khusus mengenai teater boneka ini. Di Indonesia pun banyak kelompok dan dalang yang bertahan dan memperoleh tempat khusus justru karena mereka berkompromi dengan selera baru masyarakat. Seperti tampak dari wayang golek Asep Sunarya, dalang Ki Narto Sabdo, dalang wayang Kulit Tegal  Enthus Sismono, dan lain-lain.
Sementara wayang dalam bentuk aslinya hanya bisa hidup jika disangga dengan peristiwa dan dana kebudayaan yang besar. Masalahnya, kesenian bukan merupakan prioritas dalam anggaran pemerintah Indonesia. Kendati justru kesenian merupakan salah satu unggulan dan kebanggaan Indonesia di dunia internasional.

Pendengar demikian jendela budaya kali ini. Saya Noni Arni.